Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Menkes Budi: Vaksin Covid-19 di Papua Menjelang PON XX Aman

Jumat, 16 April 2021 – 18:44 WIB
Menkes Budi: Vaksin Covid-19 di Papua Menjelang PON XX Aman - JPNN.COM
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di Papua menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Oktober nanti aman.

“Saya juga sudah dilaporkan, butuhnya sekitar 200 ribu untuk bulan Oktober. Itu pasti bisa dipenuhi seharusnya sejak bulan Juni. Jumlah vaksinnya insyaallah cukup," kata Budi, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Kesehatan pada Jumat (16/4).

Sebelumnya Menkes Budi mengakui adanya keterbatasan vaksin karena terjadi embargo di India selaku negara produsen AstraZeneca.

Hal itu menyebabkan prioritas vaksinasi bagi lansia sebagai kelompok yang berisiko kematian dan kesakitan paling tinggi saat terpapar COVID-19.

Ketika membahas Vaksin Merah Putih, Budi mengatakan bahwa dari enam kandidat yang ada, dua kandidat akan dipersiapkan untuk dapat diproduksi pada 2022.

“Kami sudah dapat alokasi anggarannya tahun ini. Rencananya kami akan dorong supaya penelitian dan uji klinisnya lebih cepat, sehingga di 2022 salah satu dari mereka sudah terlaksana,” ujar Budi. (mcr9/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru: