Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga dan Gubernur Ganjar Bahas Percepatan Proyek Strategis Nasional di Jateng

Selasa, 18 Juli 2023 – 21:34 WIB
Menko Airlangga dan Gubernur Ganjar Bahas Percepatan Proyek Strategis Nasional di Jateng - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta kementerian/lembaga terkait dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Proyek Strategis Nasional di Jateng yang berlangsung di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (17/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar rapat bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk membahas upaya percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jateng.

Menko Airlangga menyampaikan pengembangan infrastuktur, termasuk PSN memiliki peran penting dalam mendukung pertumbungan perekonomian Indonesia yang berkualitas.

Dia menyebutkan pada triwulan I 2023 kinerja perekonomian nasional terus memperlihatkan capaian yang menggembirakan dengan tumbuh sebesar 5,03 persen (yoy).

“Di Jawa Tengah ada 37 Proyek Strategis Nasional. Investasinya sebesar Rp 258,76 triliun dan menyerap tenaga kerja sebesar 66 ribu orang secara langsung,” kata Menko Airlangga melalui keterangan resmi yang diterima, Selasa (18/7).

Sejumlah PSN yang saat ini telah beroperasi di Jawa Tengah, yakni Jalan Tol Trans Jawa (Jawa Tengah), PLTU Batang, Waduk Cacaban, Bendungan Randugunting, Pengembangan Pelabuhan Tanjung Intan (Cilacap), Bandara JB Sudirman (Purbalingga).

Kemudian Double Track Kereta Api Jawa Selatan, Bendungan Pidekso, dan Bandara Ngloram (Blora).
Sementara itu, PSN yang telah beroperasi sebagian dan perlu didorong lebih lanjut, yakni Kawasan Industri Terintegrasi Batang dan Jalan Tol Semarang – Demak (Ruas Sayung – Demak).

Di sektor jalan tol, pemerintah telah membangun PSN di Jawa Tengah sepanjang sekitar 340 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 57,8 triliun.

Pengembangan infrastruktur ini berdampak langsung dalam memperlancar arus mudik saat lebaran, penguatan konektivitas perdagangan, serta menjadi backbone transportasi di Jawa Tengah.

Menko Airlangga bersama Gubernur Ganjar membahas percepatan pembangunan sejumlah proyek srategis nasional yang berada di wilayah Jateng, ini hasilnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close