Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga Dorong Ponpes Ciptakan Wirausaha Muda

Kamis, 06 April 2023 – 13:19 WIB
Menko Airlangga Dorong Ponpes Ciptakan Wirausaha Muda - JPNN.COM
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkunjung ke Ponpes Raudhatul Tarbiyah, Purwakarta, Jawa Barat. Dia mendorong pondok pesantren menciptakan para wirausaha muda. Foto: Ist.

jpnn.com - PURWAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai pendidikan di pesantren sangat penting untuk terus ditingkatkan untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat.

Caranya, dengan mendorong pendidikan kewirausahaan, sehingga para santri mampu menjadi pengusaha-pengusaha baru begitu keluar dari pesantren, demi membawa Indonesia lebih baik ke depan.

"Tentunya hanya dengan praktik langsung, kewirausahaan bisa disejajarkan. Jadi, tidak hanya dengan teori, tetapi langsung berpraktik,” ujar Airlangga saat mengunjungi Pondok Pesantren Raudhatul Tarbiyah dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Purwakarta, Rabu (5/4).

Airlangga menyatakan pandangannya mengingat jumlah pondok pesantren yang ada di Indonesia.

Tercatat mencapai 37 ribu pesantren dengan lebih dari 4,8 juta santri yang menimba ilmu di dalamnya.

Dengan jumlah yang sangat besar, pondok pesantren memiliki peran strategis, terlebih hampir 40 persen dari total pesantren memiliki potensi secara ekonomi, baik di bidang pertanian, peternakan, perikanan, serta usaha mikro kecil.

Besarnya potensi ekonomi dalam ekosistem pondok pesantren tersebut dinilai mampu mendukung salah satu upaya pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan melalui pengembangan ekonomi berbasis pesantren yang dapat meningkatkan aktivitas keuangan dengan memanfaatkan layanan keuangan formal.

Inklusi keuangan sendiri diyakini mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi, menurunkan kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan antar individu dan antar daerah.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong pondok pesantren menciptakan para wirausaha muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close