Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga & Menteri Teten Apresiasi Kolaborasi Multi-Helix Sampoerna untuk UMKM

Selasa, 23 Juli 2024 – 17:50 WIB
Menko Airlangga & Menteri Teten Apresiasi Kolaborasi Multi-Helix Sampoerna untuk UMKM - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berpidato pada acara 'Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia'. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi penopang ekonomi nasional.

Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional berkisar 60,51 persen dan menyerap hampir 97 persen dari tenaga kerja.

Pemerintah pun mengapresiasi upaya konsisten PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) yang menggunakan pendekatan kolaboratif multi-helix untuk membantu UMKM naik kelas hingga bisa ekspor.

Menurut Airlangga, sumbangsih UMKM bagi perekonomian nasional itu juga berkat dukungan Sampoerna lewat Sampoerna Retail Community (SRC) yang hadir sejak 2008 dan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang berdiri pada 2007.

"Tadi dikatakan (omzet para toko SRC) Sampoerna berkontribusi sekitar 11,4 persen dari total PDB retail nasional 2022. Langkah kerja sama Kadin dan Sampoerna ini sangat baik," ujar Menko Airlangga ketika menyampaikan pidato utama pada acara 'Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia' dikutip, Selasa (23/7).

Sebagai informasi, SRC dan SETC merupakan dua program pemberdayaan UMKM di bawah Payung Program Keberlanjutan 'Sampoerna untuk Indonesia'.

Hingga sejauh ini, Sampoerna telah mendampingi sebanyak 320 ribu UMKM yang terdiri dari 250 ribu toko kelontong SRC, dan 72 ribu UMKM.

Riset Kompas Gramedia mencatat total omzet SRC adalah Rp 236 triliun per tahun atau setara dengan 11,4 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) retail nasional 2022.

Upaya konsisten Sampoerna yang menggunakan pendekatan kolaboratif multi-helix untuk membantu UMKM naik kelas hingga bisa ekspor mendapatkan apresiasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA