Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasar Rakyat UMKM untuk Indonesia, Bukti Komitmen HM Sampoerna untuk Bangkitkan Ekonomi Negeri

Senin, 22 Juli 2024 – 18:12 WIB
Pasar Rakyat UMKM untuk Indonesia, Bukti Komitmen HM Sampoerna untuk Bangkitkan Ekonomi Negeri - JPNN.COM
Presiden Direktur Sampoerna, Ivan Cahyadi membacakan laporan di kegiatan Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar acara “Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia” di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Kegiatan itu sebagai wujud dukungan terhadap prioritas pemerintah Indonesia dalam percepatan transformasi yang inklusif dan berkelanjutan melalui pemberdayaan UMKM.

Ajang ini juga merupakan bukti nyata kolaborasi dan sinergi antarpemangku kepentingan dalam mengembangkan sektor UMKM yang mengedepankan model multi-helix lintas pemangku kepentingan, seperti pemerintah, organisasi dunia usaha dan sektor swasta, akademisi dan universitas, hingga masyarakat luas.

Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia ini diresmikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto yang turut didampingi oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM), Teten Masduki, serta dihadiri lebih dari 1.250 pelaku UMKM binaan Sampoerna dan Kadin Indonesia.

“Pemerintah juga menyadari pentingnya pembinaan dan pendampingan bagi UMKM sehingga dapat melakukan ekspor. Kami terus mendorong usaha menengah dan besar untuk dapat melakukan berbagai program kemitraan dengan UMKM. Sektor swasta memiliki peranan penting, sehingga tidak hanya berperan sebagai offtaker tetapi juga bisa membantu membangun rantai nilai yang berkelanjutan, termasuk membangun UMKM yang memiliki orientasi pasar ekspor dan berdaya saing global," ujar Menteri Airlangga.

Kolaborasi yang inklusif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk dari Sampoerna dan KADIN Indonesia bersama Satgas Peningkatan Ekspor Nasional yang turut berkontribusi pada pengembangan kapasitas UMKM nasional.

Inisiatif yang digagas hari ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja ekspor nasional guna memperkuat neraca perdagangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk melalui pengembangan dan perluasan ekspor UMKM.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat mendorong kemajuan ekonomi nasional yang berpotensi untuk menciptakan multiplier-effect bagi masyarakat luas.

Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia yang digelar HM. Sampoerna ini diresmikan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menkop-UKM Teten Masduki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA