Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga: Negara Anggota G20 Harus Bersatu Mengatasi Permasalahan Global

Senin, 11 Juli 2022 – 16:21 WIB
Menko Airlangga: Negara Anggota G20 Harus Bersatu Mengatasi Permasalahan Global - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Wenti Ayu/JPNN.com

jpnn.com, LABUAN BAJO - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini konsensus akan dicapai para delegasi dalam mempertimbangkan jalan keluar untuk isu-isu yang menjadi prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia.

“G20 sebagai forum ekonomi global utama harus bertindak bersama mengatasi tantangan global yang multidimensi dan saling terkait. Pada hari ini kita memiliki tanggung jawab untuk memikirkan orang lain dan memberikan solusi yang nyata,” ujar Airlangga saat memberikan opening remarks secara virtual pada Pertemuan Sherpa ke-2, Minggu (10/7).

Dalam pertemuan yang digelar di Labuan Bajo, NTT tersebut, Menko Airlangga menyampaikan jutaan orang yang terkena dampak konflik antar negara mendambakan terpenuhinya kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan keamanan, yang sempat hilang.

“Rasa kemanusiaan harus dikedepankan dan menjadi yang utama dalam pertemuan ini. Tanggung jawab kita adalah memberikan solusi untuk mengatasi keluhan mereka, memberikan harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Sehingga tidak ada orang, negara, atau wilayah yang ditinggalkan. Dengan demikian, G20 dapat memberikan jalan bagi stabilitas, pemulihan, dan kemakmuran global,” tegas Airlangga.

Indonesia juga mengharapkan dukungan dari seluruh negara anggota G20 untuk mendapatkan konsensus bagi aksi yang praktis dan kongkret untuk menunjukkan bahwa G20 benar-benar merupakan forum ekonomi utama, termasuk di dalamnya tiga prioritas Presidensi, yakni kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.

Kepercayaan dan sikap saling menghormati di antara anggota G20 merupakan kunci untuk mengedepankan dialog dan konsensus.

Disamping itu, Sherpa bertugas untuk memelihara hubungan kerja yang kondusif, yang menjadi faktor penting dalam mengubah saran berupa kebijakan dan permasalahan teknis yang kompleks menjadi berbagai tindakan yang berani dan nyata bagi seluruh kepala negara anggota G20.

“Sangat penting dalam masa krisis ini bagi G20 untuk meningkatkan kepercayaan sebagai forum ekonomi utama global. Presidensi berharap suasana yang nyaman di Labuan Bajo bisa mendukung Sherpa mencapainya, di mana para chef G20 dapat menyajikan menu yang luar biasa dan bisa dinikmati seluruh dunia,” ucap Airlangga.

Menko Airlangga menuturkan jutaan orang yang terkena dampak konflik antar negara mendambakan terpenuhinya kebutuhan dasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close