Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga Sebut 3 Sektor ini Jadi Pembangkit Perekonomian Indonesia

Kamis, 03 September 2020 – 22:39 WIB
Menko Airlangga Sebut 3 Sektor ini Jadi Pembangkit Perekonomian Indonesia - JPNN.COM
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, perekonomian Indonesia akan membaik pada kuartal III dan IV tahun ini.

Menurutnya, meski pertumbuhan ekonomi sempat minus 5,3 persen, tapi saat ini ada tren positif yang akan mengangkat perekonomian.

Salah satunya berasal dari belanja pemerintah yang tengah digencarkan untuk memicu pertumbuhan ekonomi.


Selain itu, lanjutnya, langkah pemerintah adalah dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Sektor yang bisa memicu pertumbuhan antara lain sektor industri, perdagangan, dan sektor lainnya termasuk pertanian dan pertambangan. Seperti daerah Sumatera, pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata ekonomi nasional, karena basisnya perkebunan. Kelapa sawit, demand-nya masih tinggi, harganya masih bagus. Kalau kita lihat di sektor pertambangan, Sulawesi Tengah pertumbuhannya 0,25 persen karena masih bisa dijaga oleh industri nikel, komoditas yang tidak jatuh," kata Airlangga.

Menko Airlangga menjelaskan dari awal terjadi pandemi, pemerintah sangat fokus pada sektor kesehatan masyarakat, tetapi tidak menghentikan keseluruhan aktivitas ekonomi dan tidak mengambil kebijakan lock down, seperti beberapa negara lainnya.

Menurut Airlangga, jika pemerintah melakukan lockdown Indonesia maka pertumbuhan perekonomian bisa lebih turun dari minus 5,3 persen. Oleh karena itu, pemerintah memberlakukan PSBB untuk menekan penyebaran Covid-19.

"itu bedanya lockdown dan PSBB. Saat PSBB kita membuka 12 sektor, termasuk sektor industri. Sedangkan lockdown semua berhenti. Kita on the track pada saat memberlakukan PSBB yang berbasis regional, tidak pukul rata. Kawasan industri di Bekasi-Karawang-Purwakarta kan relatif aman, karena dari awal sudah menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut ada beberapa sektor yang sangat membantu memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close