Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga Tegaskan Komitmen Indonesia Capai Target Bebas Emisi di KTT ke-2 AZEC

Senin, 14 Oktober 2024 – 23:36 WIB
Menko Airlangga Tegaskan Komitmen Indonesia Capai Target Bebas Emisi di KTT ke-2 AZEC - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Jokowi memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 Asia Zero Emission Community (AZEC) di National Convention Center, Vientiane, Laos, Jumat (11/10). Foto: Dokumentasi Kemenko Perekonomian

jpnn.com, VIENTIANE - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 Asia Zero Emission Community (AZEC) di National Convention Center, Vientiane, Laos, Jumat (11/10).

Kegiatan yang dilaksanakan secara back-to-back dengan KTT ASEAN ke-44 dan 45 itu dihadiri oleh seluruh Pemimpin Negara Anggota ASEAN.

Menko Airlangga Tegaskan Komitmen Indonesia Capai Target Bebas Emisi di KTT ke-2 AZEC

AZEC merupakan inisiatif Jepang untuk mendukung transisi energi yang berkelanjutan, berkeadilan, terjangkau, dan inklusif.

Salah satu prinsip utama dari AZEC adalah transisi energi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi di masing-masing negara yang juga turut mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan.

AZEC diumumkan di sela-sela KTT G20 Bali pada tahun 2022 dan saat ini beranggotakan 11 negara (Jepang, Australia, Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam).

Pertemuan KTT ke-2 AZEC dipimpin bersama oleh Perdana Menteri Jepang Shigeru Ichiba dan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Muto Yoji, dan diikuti kepala pemerintahan atau perwakilan dari negara-negara anggota.

Menko Airlangga mengapresiasi kepemimpinan Jepang dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dan bersih menuju emisi nol.

Mewakili Presiden Jokowi di KTT ke-2 AZEC, Menko Airlangga tegaskan komitmen transisi energi Indonesia untuk capai target Net Zero Emission atau bebas emisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA