Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga Ungkap Strategi Indonesia Hadapi Gejolak Ekonomi Global

Kamis, 14 Desember 2023 – 07:17 WIB
Menko Airlangga Ungkap Strategi Indonesia Hadapi Gejolak Ekonomi Global - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan paparan pada acara Peluncuran Laporan Prospek Perekonomian Indonesia (Indonesia Economic Prospects/IEP) Edisi Desember 2023, di Jakarta, Rabu (13/12). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Perekonomian Indonesia mampu mencatatkan pertumbuhan yang baik dan pulih dari pandemi di tengah berbagai kondisi global yang penuh tantangan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik tersebut didukung kuatnya konsumsi rumah tangga yang pada Kuartal III-2023 bertumbuh 5,06 persen (yoy). dan investasi naik 5,77 persen (yoy).

Dia menyampaikan terdapat juga dua sektor yang berhasil tumbuh dua digit pada Kuartal III-2023, yakni sektor transportasi sebesar 14,7 persen (yoy) dan sektor terkait pariwisata 10,9 persen (yoy).

“Tingkat inflasi kita terkendali dengan baik berkat koordinasi kuat antarlembaga terkait. Tiap minggu kita melacak harga komoditas di tiap daerah, termasuk bagaimana mereka menjaga biaya logistik di wilayahnya masing-masing," ungkap Menko Airlangga dalam keterangannya yang diterima, Kamis (14/12).

Menko Airlangga menyampaikan hal tersebut pada acara Peluncuran Laporan Prospek Perekonomian Indonesia (Indonesia Economic Prospects/IEP) Edisi Desember 2023, di Jakarta, Rabu (13/12).

"Kita belajar dari masa pandemi Covid yang lalu, bagaimana membuat tiap kabupaten atau kota berkompetisi menangani pandemi agar menjadi yang terbaik, seperti halnya dalam penanganan inflasi ini,” imbuhnya.

Meski demikian, kata Menko Airlangga, pemerintah tetap menyadari dan mewaspadai tantangan perekonomian global yang dapat menghambat kinerja perekonomian nasional.

"Sehingga, untuk menjaga prospek pertumbuhan dan memitigasi seluruh tantangan ke depan, kami telah menyiapkan serangkaian strategi,” bebernya.

Menko Airlangga mengungkapkan serangkaian strategi Indonesia menghadapi berbagai kondisi global yang penuh tantangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close