Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK Ajak Kaum Muslimin Memaknai Arti Kebudayaan Islam di Indonesia

Senin, 31 Juli 2023 – 18:34 WIB
Menko PMK Ajak Kaum Muslimin Memaknai Arti Kebudayaan Islam di Indonesia - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menjadi pembicara bertemakan 'Mengukuhkan Peran Kebudayaan Islam Indonesia dalam merekatkan Kebhinekaan Bangsa' yang digelar oleh Lembaga Seni, Budaya dan Peradaban Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, pada Rabu (26/7). Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak kaum muslim memaknai arti kebudayaan Islam yang telah berkembang pesat di Indonesia sejak sebelum masa kemerdekaan.

Dia pun mengajak umat Islam belajar dari Peter L. Berger yang merupakan seorang ilmuan yang menjelaskan tentang teori dialektika budaya.

Hal itu diungkapkan Menko PMK saat menjadi pembicara bertemakan 'Mengukuhkan Peran Kebudayaan Islam Indonesia dalam merekatkan Kebhinekaan Bangsa' yang digelar oleh Lembaga Seni, Budaya dan Peradaban Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, pada Rabu (26/7).

Dalam teori itu, manusia diciptakan oleh Tuhan YME dengan kemampuan daya cipta yang merupakan inti dari budaya.

“Manusia dalam menciptakan sesuatu itu terikat dengan media dan ide. Ide itu ada di dalam pikiran kita, dan media itu ada di jagat raya ini. Media dan ide ini akan menentukan ekspresi budaya kita,” kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan media dapat diartikan sebagai Indonesia yang akan menentukkan warna keislaman.

Kemudian, Islam menjadi bagian dari ide dalam kesadaran yang ada dalam pikiran umat manusia. Maka menurutnya, ekspresi Islam dalam membentuk budaya di Indonesia memiliki perbedaan dengan umat Islam di negara lain.

“Oleh karena itu, ketika Islam diekspresikan di Indonesia akan menjadi khas, karena medianya berbeda dengan di negara lain,” ujarnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengajak kaum muslim memaknai arti kebudayaan Islam dari sebelum kemerdekaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close