Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK Buka Peluang Lulusan Vokasi Indonesia Bekerja di Jerman

Sabtu, 14 Oktober 2023 – 23:38 WIB
Menko PMK Buka Peluang Lulusan Vokasi Indonesia Bekerja di Jerman - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke Kamar Dagang dan Industri Kota Berlin, Jerman pada Selasa (10/10). Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, BERLIN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke Kamar Dagang dan Industri Kota Berlin, Jerman pada Selasa (10/10).

Muhadjir beserta rombongan disambut baik oleh Head of Vocational Training Abroad DIHK Tobias Bolle di salah satu pusat Training of Trainer yang didirikan oleh Paul Christiani pada tahun 1931 itu.

Turut menyambut kedatangan, Area Sales Manager Africa & Central Asia Nadja Parcsami dan Area Sales Manager Sub-Sahara Africa & Central Asia Sule Akarsu.

Muhadjir mengatakan, kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi sebagaimana amanat dari Presiden Joko Widodo.

“Kita mendiskusikan kemungkinan kerja sama yang akan dilakukan dengan lembaga ini untuk mengirim lulusan-lulusan SMK yang akan mencari pengalaman kerja,” ucap Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir juga menyampaikan kerja sama yang akan dibangun tidak hanya untuk menyediakan tempat bagi para lulusan vokasi untuk mencari pengalaman kerja, melainkan juga disediakan untuk para pekerja yang akan bekerja secara permanen di Jerman.

Dalam kesempatan diskusi tersebut, Tobias Bolle menjelaskan bahwa terdapat tiga kunci utama dari keberhasilan program revitalisasi vokasi di Jerman, yakni partisipasi wajib dunia kerja dan industri dalam membangun vokasi, pelaksanaan pelatihan vokasi di industri (tempat kerja) secara langsung sebesar 60-70 persen, serta dukungan kebijakan penuh dari pemerintah.

Tobias Bolle juga mengatakan bahwa terdapat lebih dari 300.000 kesempatan Ausbildung dalam 400 jenis pekerjaan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke Kamar Dagang dan Industri Kota Berlin

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close