Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK Pastikan Arus Mudik Akhir Tahun Aman Terkendali

Jumat, 29 Desember 2023 – 16:31 WIB
Menko PMK Pastikan Arus Mudik Akhir Tahun Aman Terkendali - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pelabuhan Merak, Banten dan Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Jawa Barat. Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pelabuhan Merak, Banten dan Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Jawa Barat.

Menko Muhadjir menyebut saat ini arus mudik di Pelabuhan Merak menuju Bakauheni masih aman terkendali. Ia meminta semua pihak mewaspadai cuaca buruk dan aktivitas Gunung Anak Krakatau selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Pasang surut ombak di perairan Selat Sunda, perlu menjadi perhatian khusus. Pemantauan tinggi gelombang bisa dilakukan secara real time agar nantinya bisa diantisipasi jika terjadi cuaca buruk.

"Kemudian yang perlu mendapat perhatian tentu saja adalah perubahan-perubahan cuaca yang itu berakibat pada kemungkinan-kemungkinan naik pasang surutnya ombak yang itu akan mengganggu penyeberangan," jelas Muhadjir.

Sementara itu, arus lalu lintas mudik Nataru di Tol Jakarta-Cikampek terpantau padat, terjadi penumpukan kendaraan yang ingin memasuki Rest Area KM 57 Cikampek, Jawa Barat.

Kepolisian dan PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) telah melakukan rekayasa lalu lintas lajur lawan arah (contraflow) di ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) sejak pagi hari.

Ruas tol yang diberlakukan contraflow mulai dari KM 47 hingga KM 65 arah Cikampek. Pemerintah telah memprediksi puncak arus mudik gelombang pertama pada hari ini.

Salah satu penyebabnya adalah masih beroperasinya kendaraan truk tiga sumbu di ruas jalan tol tersebut. Menhub Budi meminta penghentian sementara kendaraan barang tersebut guna mengantisipasi kemacetan yang terjadi.

Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close