Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MenKopUKM Bidik Inabuyer B2B2G Expo 2024 untuk Memperluas Pasar UMKM

Jumat, 17 Mei 2024 – 17:57 WIB
MenKopUKM Bidik Inabuyer B2B2G Expo 2024 untuk Memperluas Pasar UMKM - JPNN.COM
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki membidik Inabuyer B2B2G (Bussines to Bussines & Bussines to Government) Expo 2024 sebagai wadah strategis memperluas pasar produk barang/jasa UMKM. Foto: dok KemenKopUKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki membidik Inabuyer B2B2G (Bussines to Bussines & Bussines to Government) Expo 2024 sebagai wadah strategis memperluas pasar produk barang/jasa UMKM.

Teten menilai Inabuyer B2B2G Expo 2024 menjadi sangat penting untuk mendukung perluasan akses produk dan pasar UMKM, seperti yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 bahwa pengadaan barang dan jasa Pemerintah, BUMN, dan Pemerintah Daerah minimal 40 persen anggaran belanjanya harus bisa menyerap produk dalam negeri termasuk UMKM.

Melalui Inabuyer B2B2G Expo 2024, penjual dan pembeli bisa saling bertemu dan menjalin kesepakatan transaksi terhadap produk/jasa yang ditawarkan. 

"Inabuyer juga dapat menjadi kesempatan bagi UMKM untuk mengisi ruang kosong dalam rantai pasok terutama dari sisi produksi," ungkap kata Menteri Teten Masduki dalam sambutannya pada acara Inabuyer B2B2G Expo 2024 di Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (17/5).

Teten pun mengapresiasi Inabuyer B2B2G Expo 2024 yang menjadi wadah yang efektif dalam mendorong peningkatan penjualan produk UMKM dan koperasi.

Ajang itu digelar sebagai hasil kerja sama antara KemenKopUKM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Berdasarkan laporan Hippindo, nilai transaksi yang dibukukan dalam gelaran Inabuyer B2B2G Expo 2024 sampai hari kedua mencapai Rp 946,82 miliar. 

Potensi transaksi diyakini masih akan terus bertambah hingga hari terakhir.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki membidik Inabuyer B2B2G Expo 2024 sebagai wadah strategis untuk pasar UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close