Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Menkum HAM Harus Tindak Jajarannya yang Melindungi Djoko Tjandra

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 21:07 WIB
Menkum HAM Harus Tindak Jajarannya yang Melindungi Djoko Tjandra - JPNN.COM
Buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra (tengah) yang ditangkap di Malaysia. Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly untuk bersikap tegas menindak oknum anak buahnya yang terlibat melindungi Djoko Tjandra selama menjadi buronan.

Menkum HAM Harus Tindak Jajarannya yang Melindungi Djoko Tjandra

Hal ini disampaikan Sahroni, menyusul penangkapan terpidana kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut oleh Bareskrim Polri, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sahroni mengatakan, setelah Polri dan Kejaksaan menjatuhkan sanksi kepada oknum aparatnya yang terlibat membantu Djoko Tjandra, Kemenkum HAM juga dituntut melakukan hal serupa. Siapa pun yang terlibat harus diusut tuntas.

"Kami di Nasdem mendesak para penegak hukum, khususnya Kemenkum HAM untuk segera menindak oknum internal mereka yang terlibat dalam meloloskan Djoko Tjandra," ucap Sahroni, Sabtu (1/8).

Bendahara Umum DPP Partai Nasdem itu mengatakan, investigasi ini wajib dilakukan tidak hanya oleh Polri dan Kejaksaan, tetapi juga Kemenkum HAM.

"Yang kita lihat sekarang, Kepolisian dan Kejaksaan sudah melakukan investigasi internal. Jadi, kami juga mendesak menkum HAM untuk melakukan tindakan serupa," tegas Sahroni.

Polri, katanya, juga tak boleh sungkan menginvestigasi pihak-pihak yang terlibat di institusi lain. Baik itu Kejaksaan maupun Polri supaya kasus ini menjadi terang.

Politikus asal Tanjung Priok ini meyakini ada campur tangan oknum penegak hukum dalam melindungi Djoko Tjandra selama 11 tahun menjadi buronan.

loading...