Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menlu Retno Sebut Papua Nugini Kunci untuk Kemitraan Mendalam dengan Kawasan Pasifik

Selasa, 21 Maret 2023 – 23:50 WIB
Menlu Retno Sebut Papua Nugini Kunci untuk Kemitraan Mendalam dengan Kawasan Pasifik - JPNN.COM
Menlu RI Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Papua Nugini Justin Tkatchenko (kiri) sebelum memulai pertemuan bilateral di Jakarta, Selasa (21/3/2023). Foto: ANTARA/Yashinta Difa

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan kembali dukungan Indonesia untuk negara-negara Pasifik, dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Papua Nugini Justin Tkatchenko.

“Papua Nugini merupakan mitra strategis Indonesia dalam menjalin kemitraan lebih mendalam dengan negara-negara Pasifik,” tutur Menlu Retno ketika menyampaikan pernyataan pers bersama Menlu Tkatchenko di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menlu bertukar pandangan mengenai kemajuan hubungan bilateral di berbagai bidang.

Pemerintah Indonesia menyambut baik ratifikasi Papua Nugini untuk dua perjanjian bilateral yaitu Persetujuan Pelaksanaan Pembebasan Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas serta Perjanjian Dasar tentang Pengaturan Perbatasan.

Menlu Retno secara khusus membahas mengenai kerja sama perdagangan bilateral, yang menunjukkan tren positif dalam lima tahun terakhir.

Selain itu, menurut dia, dibukanya kembali perbatasan Wutung-Skouw pascapandemi turut mendorong meningkatnya jumlah kunjungan warga Papua Nugini ke Pasar Skouw yang terletak di Provinsi Papua.

“Kita masih memiliki ruang yang cukup untuk memperluas perdagangan bilateral kita, melampaui perdagangan lintas batas, antara lain melalui penyederhanaan perizinan, fasilitasi jaringan logistik yang lebih kuat, dan pembentukan Dewan Bisnis Bersama Indonesia-Papua Nugini,” tutur Retno.

Kedua negara, kata dia, juga sepakat untuk mengambil langkah konkret guna memulai negosiasi perjanjian perdagangan istimewa (preferential trade agreement/PTA), dan Indonesia berkomitmen untuk mempercepat prosesnya dengan menyiapkan studi kelayakan bersama yang akan menggabungkan pandangan kedua negara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan kembali dukungan Indonesia untuk negara-negara Pasifik, dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Papua Nugini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close