Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MenPAN-RB: ASN Harus Berani Tentukan Siapa Lawan dan Kawan

Kamis, 08 April 2021 – 06:45 WIB
MenPAN-RB: ASN Harus Berani Tentukan Siapa Lawan dan Kawan - JPNN.COM
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meminta ada Kamtibmas di setiap desa. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengingatkan ancaman paham radikalisme sebagai salah satu tantangan bangsa Indonesia. Setelah 75 tahun merdeka, tantangan yang mengancam kita adalah masalah radikalisme terorisme.

"ASN harus berani menentukan siapa lawan dan siapa kawan. Ancaman tersebut bisa berasal dari perorangan, kelompok, atau golongan, yang ingin mengacaukan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Rabu (7/4).

Dia menyebutkan, Pancasila sebagai dasar kehidupan bernegara, bisa menangkal paham-paham radikalisme. Menteri Tjahjo mengajak ASN untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan masyarakat dan saat menjalankan profesinya sebagai abdi negara.

“Amalkan, implementasikan, sila-sila dalam Pancasila. Tidak ada satu agama di negara kita dan di dunia yang mengajarkan permusuhan,” ujar Menteri Tjahjo.

Ketegasan memberantas radikalisme, terutama di lingkup ASN, tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Penanganan Radikalisme ASN oleh 11 kementerian dan lembaga.

Sebelas kementerian dan lembaga yang tergabung dalam penanganan radikalisme ASN juga telah membangun portal aduan ASN sebagai sistem pelaporan atas pelanggaran ASN dalam melakukan tindakan dan perilaku yang menentang atau membuat ujaran kebencian. (esy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, ASN harus tegas dan berani menentukan siapa kawan, siapa lawan

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close