Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MenPAN-RB Ingatkan ASN yang Pasangannya Maju Pilkada

Selasa, 08 Oktober 2024 – 13:45 WIB
MenPAN-RB Ingatkan ASN yang Pasangannya Maju Pilkada - JPNN.COM
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Rakor Tim Nasional OECD & Peluncuran Portal Aksesi OECD di Jakarta, Kamis (3/10/2024). ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN), khususnya bagi yang pasangannya maju sebagai kandidat kepala daerah pada Pilkada 2024.

Anas mengingatkan agar para ASN benar-benar menjaga netralitas pada pilkada yang saat ini memasuki masa kampanye.

“ASN tidak boleh terlibat secara aktif dalam pelaksanaan kampanye. ASN yang akan mendampingi suami atau istri selama tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 agar mengambil cuti di luar tanggungan negara sesuai dengan aturan yang berlaku," uj ar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (8/10).

Dia menyampaikan penerapan asas netralitas ini sekaligus bertujuan untuk mencegah ASN yang memiliki pasangan (suami/istri) yang maju sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah terlibat dalam politik praktis.

Aturan ini untuk mencegah penggunaan fasilitas jabatan atau negara, serta mencegah adanya keputusan dan/atau tindakan yang dapat menguntungkan dan/atau merugikan salah satu pasangan calon.

Anas juga mengimbau ASN agar tidak melakukan kampanye atau sosialisasi di media sosial baik berupa posting, komentar, membagikan link atau tautan (share).

Demikian juga diingatkan untuk tidak memberikan like dan/atau ikon, karakter atau simbol tertentu yang menunjukkan dukungan kepada suami atau istri yang menjadi calon kepala daerah/wakil kepala daerah.

ASN yang pasangannya maju dalam perhelatan lima tahunan ini tidak diperkenankan menjadi pembicara/narasumber dalam kegiatan partai politik atau menjadi juru kampanye bagi pasangannya.

MenPAN-RB ingatkan para aparatur sipil negara (ASN) yang pasangannya maju sebagai kandidat kepala daerah pada Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA