Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menparekraf Sandiaga Bantu Warga Kubu Raya Tingkatkan Penghasilan Lewat Lidah Buaya

Senin, 01 Agustus 2022 – 11:39 WIB
Menparekraf Sandiaga Bantu Warga Kubu Raya Tingkatkan Penghasilan Lewat Lidah Buaya - JPNN.COM
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto dok humas Kemenparekraf

jpnn.com, KUBU RAYA - Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) menggelar pelatihan pengolahan lidah buaya (aloe vera) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Pelatihan ini dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sandiaga menilai pelatihan pengolahan lidah buaya ini penting diberikan kepada masyarakat, terutama mak-mak. Sebab produk olahan lidah buaya ini dapat dijadikan produk kecantikan.

"Pelatihannya adalah pengolahan tanaman lidah buaya yang banyak sekali di sini, aloe vera menjadi sabun untuk kecantikan. Pelatihan ini kami lakukan untuk meningkatkan penghasilan. Nah kalau penghasilan meningkat, biaya hidup kita bisa penuhi. Ini langkah konkret dari Gemawira untuk menciptakan lapangan kerja," ujar Sandiaga, Minggu (31/7).

Selain itu, untuk memproduksi produk kecantikan dari lidah buaya ini tidak membutuhkan modal yang besar. Karena lidah buaya merupakan tanaman rumahan yang bisa langsung dimanfaatkan.

Kemanparekraf kata Sandiaga menargetkan terciptanya 1,1 lapangan kerja baru dan berkualitas oleh para UMKM di Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), dengan target 2024 yakni 4,4 juta lapangan kerja baru.

"Begitu punya produk aloe vera setelah pelatihan ini, nanti Gemawira bisa langsung membeli. Karena Gemawira punya jaringan yang luar biasa. Yang penting saya ingin pastikan bahwa ini akan membantu ekonomi keluarga," tutur Sandiaga.

Sementara, Ketua Gemawira Kalimantan Barat, Susi Megawati mengatakan, para peserta yang didominasi oleh mak-mak bisa menciptakan ekonomi baru di dalam lingkungannya dengan keterampilan setelah pelatihan ini.

Kemanparekraf menargetkan terciptanya 1,1 lapangan kerja baru dan berkualitas oleh para UMKM di Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close