Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Menpora: Pramuka Ujung Tombak dari Pembangunan Karakter Bangsa

Senin, 27 Juli 2020 – 14:20 WIB
Menpora: Pramuka Ujung Tombak dari Pembangunan Karakter Bangsa - JPNN.COM
Menpora Zainudin Amali saat webinar. Foto: raiky/kemenporagoid

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali secara resmi membuka webinar Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga bagi Pramuka, melalui aplikasi Zoom, Senin (27/7).

Menpora RI menyebut, gerakan pramuka menjadi sangat penting dan menjadi ujung tombak dari pembangunan karakter.

“Gerakan pramuka jadi ujung tombak dari pembangunan karakter. Karena itu, Kemenpora senantiasa terbuka untuk bekerja sama. Kehadiran gerakan pramuka sangat erat bagi fase kepemimpinan secara individu,” kata Menpora RI dalam sambutannya.

Penyelenggaraan ini terpaksa harus dilakukan secara online. Mengingat, pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia.

Untuk itu, Menpora berpesan kepada peserta webinar agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Ini memang lagi suasana yang harus kita terima di tengah pandemi Corona, yang belum tahu kapan berakhir. Caranya adalah harus disiplin,” katanya.

Pada kesempatan ini, Menpora RI mengapresiasi langkah Kwarnas Pramuka yang begitu semangat dalam menjalankan fungsinya.

Apalagi, juga terlibat dalam membagikan masker hingga membuat hand sanitizer di daerahnya masing-masing. Upaya ini dilakukan di tingkat pusat hingga daerah.

“Pendidikan kepemimpinan pemuda dalam rumah tangga, kaitannya sangat erat secara individu. Kami di Kemenpora tentu juga harus menyiapkan program-program yang jelas tujuannya. Sebagaimana saya sampaikan saat hadir dalam acara gerakan pramuka di Cibubur. Saya datang waktu itu dan bertemu teman-teman, karena pada waktu itu Covid-19 belum ada,” ujarnya.

Menurutnya saat ini pemuda di tanah air dihadapkan dengan berbagai tantangan.

Tantangan yang besar adalah bagaimana pemuda bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, seterusnya bisa memiliki karakter dan berbudaya sebagai orang Indonesia.

“Kami menyiapkan program 2020-2024. Ini tak terlepas dari apa yang diinginkan, pembangunan sumber daya manusia. Dengan kemajuan ilmu pengetahun dan ilmu teknologi, kejadian yang di suatu tempat, di belahan dunia, dalam waktu singkat bisa diketahui. Demikian juga tentang perubahan gaya hidup, ini berpengaruh kepada kaum muda,” terangnya.

Oleh karena itu, Menpora RI menetapkan program prioritas 2020-2024.

loading...