Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menristek Gandeng Putra Habibie Sukseskan Program Seribu Teknopreneur Sejuta Pekerjaan

Senin, 28 September 2020 – 21:15 WIB
Menristek Gandeng Putra Habibie Sukseskan Program Seribu Teknopreneur Sejuta Pekerjaan - JPNN.COM
Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro dalam rakornas PRN 2020. Foto: tangkapan layar/mesya

jpnn.com, JAKARTA - Kemenristek Kemenristek/Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) bersama Yayasan INOTEK berkolaborasi dalam Program Seribu Teknopreneur Sejuta Pekerjaan (STSP).

Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro menjelaskan, pada fase awal inisiasi usaha para teknopreneur dan wirausaha umumnya membutuhkan pendampingan dari segi teknologi maupun manajemen agar meningkatkan daya saing produk dan usahanya.

“Di era pandemi setiap negara dituntut mengoptimalkan potensi seluruh sumber daya ekonomi yang dimiliki agar perekonomian terus berjalan dan meminimalkan dampak COVID-19," kata Bambang saat Penandatanganan Nota Kesepahaman Kemenristek/BRIN dan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), Senin (28/9).

Dia menyebutkan, banyak dunia usaha kesulitan mendapatkan akses modal, mengalami penurunan permintaan, hingga terpaksa memotong dana operasional, dan bahkan harus merumahkan karyawannya.

“Saat ini terdapat beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan oleh dunia usaha untuk menghadapi era adaptasi pilihan baru, dengan memanfaatkan teknologi dan aspek digital," terangnya.

Di sisi lain difusi teknologi tepat guna juga berperan meningkatkan kinerja dunia usaha. Bila diperhatikan UKM dan wirausaha sebenarnya membutuhkan 3 hal mendasar, yaitu akses pembiayaan, kemampuan melakukan manajemen perusahaan, terakhir market access.

Program Seribu Teknopreneur Sejuta Pekerjaan merupakan program kewirausahaan kolaboratif untuk membuat jaringan teknopreneur di 34 provinsi yang dihubungkan dengan investor.

Program ini memberikan dampak baik dari segi sosial dan ekonomi, dengan menciptakan 1000 lebih Teknopreneur baru yang akan memulai ekonomi lokal di level UMKM dan membantu berkontribusi untuk meningkatkan PDB lokal.

Menristek menggandeng Ilham Habibie dalam Program Seribu entrepreneur sejuta pekerjaan dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close