Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Amran Optimistis Indonesia Bisa jadi Lumbung Pangan Dunia

Selasa, 20 Februari 2024 – 15:22 WIB
Mentan Amran Optimistis Indonesia Bisa jadi Lumbung Pangan Dunia - JPNN.COM
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.Foto: dok Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.

Oleh karena itu, Indonesia ke depan harus menjadi kunci dari masalah krisis pangan dunia akibat dampak El Nino.

Hal itu diungkapkan Mentan Amran dalam acara "Dialog Kebangsaan" di Universitas Hassanudin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (20/2).

"Kondisi dunia sekarang, bukan hanya Indonesia, terjadi krisis pangan. Ada peningkatan pemanasan global. Yang kelaparan di dunia saat ini kurang lebih mendekati satu miliar penduduk dan ada 44 negara di dunia yang terancam kelaparan saat ini," ungkap Mentan Amran.

Di Indonesia saat ini sedang mengalami iklim eksrim El Nino yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada Februari 2024 proyeksi luas tanam seharusnya meningkat, tetapi malah menurun menjadi 800.000 ha dari 1.753.000 ha pada Januari 2024 akibat adanya kekeringan eksrim.

"Biasanya grafik di Bulan Februari ini meningkat, bisa sampai 2 juta. Ini belum sampai puncak, kita malah menurun," kata Mentan.

Meski begitu, Mentan Amran tetap optimistis Indonesia bisa swasembada pangan. Mengingat saat ini bantuan pupuk sudah ditambah oleh Presiden Jokowi menjadi Rp 14 triliun 2024 untuk memacu akselerasi produksi pertanian Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close