Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Amran Ungkap Varietas Padi Unggul Sukses Diujicobakan di Lumbung Pangan Merauke

Kamis, 25 Juli 2024 – 09:30 WIB
Mentan Amran Ungkap Varietas Padi Unggul Sukses Diujicobakan di Lumbung Pangan Merauke - JPNN.COM
Pengembangan varietas padi unggul Cakrabuana Agritan sukses diujicobakan di lumbung pangan Merauke. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, MERAUKE - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus mendorong pengembangan varietas padi unggul Cakrabuana Agritan.

Varietas ini sukses dikembangkan di lumbung pangan Merauke.

Melalui pengembangan varietas ini, potensi swasembada pangan padi pun makin terlihat.

Cakrabuana merupakan salah satu varietas padi yang memiliki produktivitas tinggi dan adaptif di lahan rawa dan di tengah perubahan iklim.

“Ini bagus sekali, subur sekali, ini luar biasa, potensinya. Kami uji coba varietas Cakrabuana, potensi produksinya hingga sembilan hingga sepuluh ton per hektare. Ini kami kembangkan di Merauke, nantinya untuk satu juta hektare,” ungkap Mentan Amran saat meninjau langsung lahan pertanian modern bersama Presiden Jokowi di Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Selasa (23/7).

Menurut Amran, varietas Cakrabuana Agritan merupakan jawaban bagi ketahanan pangan dan membuka potensi lebih besar untuk swasembada pangan padi bagi Indonesia di tengah ancaman perubahan iklim.

Hal ini mengingat uji coba penanaman yang telah menunjukkan hasil yang maksimal walau diimplementasikan di lahan rawa.

Dia mengungkapkan varietas Cakrabuana tahan terhadap hama dan penyakit, serta mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan.

Varietas padi unggul Cakrabuana Agritan sukses diujicobakan di lumbung pangan Merauke, hasil produksinya naik signifikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA