Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Dorong BPP Kostratani Tingkatkan Produksi Tanaman Padi di Cikedung

Selasa, 25 Agustus 2020 – 17:55 WIB
Mentan Dorong BPP Kostratani Tingkatkan Produksi Tanaman Padi di Cikedung - JPNN.COM
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi yang melakukan kunjungan kerja ke BPP Kostratani Cikedung, Indramayu, Selasa (25/8). Foto: Humas BPPSDMP Kementan

jpnn.com, INDRAMAYU - Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) bersama proyek IPDMIP diharapkan bisa membantu peningkatan produksi dan produktivitas tanaman padi di Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan Kementerian Pertanian akan terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas.

“Peningkatan produksi dalam pendemi Covid-19 dan di tengah musim kemarau jelas sangat penting. Karena peningkatan produksi berarti memastikan ketahanan pangan kita terjaga dengan baik. Oleh sebab itu, Kementan terus mendorong dan mempercepat transformasi BPP menjadi BPP Kostratani. Agar seluruh program utama Kementan terkawal dengan baik,” tuturnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi yang melakukan kunjungan kerja ke BPP Kostratani Cikedung, Indramayu, Selasa (25/8/2020).

“Kostratani mempunyai fungsi sebagai pusat data dan informasi pertanian. Semua data dan informasi itu akan terhubung dengan Agriculture War Room (AWR) di Kementerian Pertanian. Artinya, kita bisa memantau perkembangan pertanian di daerah. Kita juga bisa tahu apa kendala yang mereka hadapi,” tuturnya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, pentingnya peran dan fungsi itu membuat Kementan memperkuat BPP Kostratani dengan pengadaan sarana dan prasarana seperti mengadakan komputer dan modem yang bisa menunjang aktivitas IT di BPP.

“Dengan IT, para penyuluh bisa mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan oleh BPPSDMP, juga kegiatan penyuluhan atau webinar. Tidak itu saja, IT juga membuat penyuluh bisa mengikuti kegiatan IPDMIP untuk menambah pengetahuan dan kemampuan,” tuturnya.

Sementara Camat Cikedung Endhy Yohendi saat menerima rombongan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian di BPP Kostratani Cikedung, berharap peran Kostratani bisa maksimal.

Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) bersama proyek IPDMIP diharapkan bisa membantu peningkatan produksi dan produktivitas tanaman padi di Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close