Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan SYL Salurkan KUR Petani Milenial Rp 10 M di Sulsel

Minggu, 23 Juli 2023 – 14:17 WIB
Mentan SYL Salurkan KUR Petani Milenial Rp 10 M di Sulsel - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menghadiri malam puncak Sarasehan Petani Milenial “Local Champion” 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/7). Foto: Source for jpnn

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada 225 orang Petani Milenial binaan eselon satu lingkup Kementan penerima manfaat dengan total Rp10.471.000.000.

Pada kesempatan itu, SYL mengatakan pertanian sudah tidak lagi bicara masalah wilayah, tetapi sudah bersifat global. Oleh karena itu, kolaborasi menjadi kata kunci model bisnis pertanian.

Hal tersebut disampaikan Mentan pada malam puncak Sarasehan Petani Milenial “Local Champion” 2023 di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/7)–Sabtu (22/7).

SYL mengatakan Kementerian Pertanian telah menetapkan arah kebijakan pembangunan agraria, yaitu Pertanian Maju, Mandiri, dan Modern.

"Arah kebijakan ini menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, cermat dan akurat bagi jajaran Kementerian Pertanian dalam mencapai kinerja yang lebih baik, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memanfaatkan teknologi mutakhir, dan korporasi petani sesuai arahan Bapak Presiden," katanya.

Untuk itu, Mentan berharap kegiatan ini mampu menghasilkan strategi penumbuhan usaha, jejaring pasar, pertukaran teknologi dan inovasi, serta mitigasi perubahan iklim global.

"Kolaborasi menjadi kata kunci model bisnis pertanian. Kami sudah tidak bicara wilayah, seperti Jawa, Sulawesi atau Kalimantan, tapi global. Jadi, sangat penting konektivitas antar kalian (peserta sarasehan) untuk membangun ekosistem," tuturnya.

Mentan berharap setelah sarasehan para peserta dapat berkolaborasi antarpeserta maupun dunia usaha.

SYL mengatakan pertanian sudah tidak lagi bicara masalah wilayah, tetapi sudah bersifat global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   SYL  Mentan  Kementan  KUR  petani 
BERITA LAINNYA
X Close