Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan SYL Sebut Keberadaan Penyuluh Sangat Vital Demi Kemajuan Pertanian

Senin, 05 April 2021 – 16:10 WIB
Mentan SYL Sebut Keberadaan Penyuluh Sangat Vital Demi Kemajuan Pertanian - JPNN.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo memberikan arahan kepada penyuluh pertanian. Foto: dok Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pertanian maju, mandiri, dan modern tidak hanya menjadi arah kebijakan pembangunan sektor pertanian, tetapi juga sebagai pedoman bagi jajaran Kementan untuk bertindak cerdas, tepat, dan cepat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan pedoman itu juga dimanfaatkan untuk mencapai kinerja yang lebih baik, dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

Selanjutnya memanfaatkan teknologi mutakhir dan korporasi petani melalui optimalisasi peran penyuluhan dalam pendampingan program swasembada pangan di tingkat kostratani dan wilayah kerja penyuluh pertanian (WKPP).

"Keberadaan penyuluh sangat vital. Khususnya dalam melakukan pembinaan kepada petani guna memastikan penerapan teknologi pertanian yang direkomendasikan," kata Mentan SYL saat memberikan arahan pada coaching penyuluh pertanian secara offline dan online pada Senin (5/4).

Forum itu diikuti oleh 9.514 orang penyuluh pertanian yang baru saja diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Kegiatan pembinaan dilakukan melalui pengawalan dan pendampingan penyuluh pertanian secara optimal serta dukungan beberapa program Kementan, khususnya pada program pengembangan Kostratani,” ujar Mentan SYL.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BBPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan kegiatan itu diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi penyuluh pertanian, khususnya PPPK guna mengoptimalkan kegiatan pembinaan, pengawalan, dan pendampingan kepada petani.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan PPPK mampu menjadi ASN yang profesional, mandiri, dan berdaya saing, serta responsif dalam pelaksanaan tugasnya agar mampu memecahkan permasalahan petani di lapangan sesuai disiplin ilmu pengetahuan yang dimiliki,” kata Dedi. (cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan arahan kepada ribuan penyuluh pertanian secara online dan offline. Dalam arahan itu, Mentan SYL menyebut penyuluh punya peran sangat penting demi memajukan pertanian nasional.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close