Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan: Tahun Depan 'Tikusnya' yang Masuk ke Singapura

Jumat, 31 Maret 2017 – 03:45 WIB
Mentan: Tahun Depan 'Tikusnya' yang Masuk ke Singapura - JPNN.COM
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (dua dari kanan), menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementan yang dilakukan Pelaksana Harian Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Momon Darsono, dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang dilakukan Rektor UNS Prof Ravik Karsidi, di Kampus UNS Solo, Kamis (30/3). Foto: Ken Girsang/jpnn.com

jpnn.com, SOLO - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, pemerintah kini telah membuka 50 ribu hektar lahan pertanian di perbatasan Indonesia-Malaysia, Entikong, Kalimantan Barat.

Pembukaan lahan dilakukan sebagai tindaklanjut kerja sama Indonesia dengan Kementan Malaysia.

"Saya ajak kerja sama dengan Malaysia, menanam jagung di perbatasan. Tapi menanamnya di wilayah Indonesia. Di perbatasan kini sudah dibuka 50 ribu hektar lahan. Jadi mau ekspor tinggal melangkah," ujar Amran saat berbicara pada Seminar Nasional dan Pra Lokakarentikya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Fakultas Pertanian Indonesia (FKPTPI) Wilayah Timur di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (30/3).

Selain dengan Malaysia, Kementan kata Amran, juga telah menjalin kerja sama di bidang pertanian dengan Papua New Guinea. Bahkan beberapa waktu lalu telah dilakukan ekspor beras dari Indonesia ke PNG.

"Di Kepulauan Riau, perbatasan Indonesia-Singapura kini juga sudah dibuka lahan pertanian organik 4000 hektar, dari yang ditargetkan 10 ribu hektar," ucap Amran.

Pembukaan lahan dilakukan, karena untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kepri selama ini, didatangkan dari Singapura lewat jalan-jalan tikus yang ada. Padahal di negeri tetangga tersebut tidak ada lahan.

"Jadi aku katakan, jalan tikusnya jangan ditutup. Diperlebar saja. Biar nanti tahun berikut, 'tikusnya' masuk dari Indonesia ke Singapura," tutur Amran.

Mantan dosen Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin ini pun meminta seribuan mahasiswa UNS yang hadir, mendoakannya agar senantiasa diberi kesehatan.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, pemerintah kini telah membuka 50 ribu hektar lahan pertanian di perbatasan Indonesia-Malaysia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close