Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Airlangga Dipercaya Bisa Menghidupkan Kembali UMKM Lewat Komite Baru

Sabtu, 25 Juli 2020 – 05:06 WIB
Menteri Airlangga Dipercaya Bisa Menghidupkan Kembali UMKM Lewat Komite Baru - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat ekonomi dari Universitas Sumatera Utara (USU) Syafrizal Helmy menilai keputusan Presiden Jokowi sudah tepat menunjuk Airlangga Hartarto memimpin Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Presiden Joko Widodo menetapkan nama Airlangga sebagai ketua komite dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2020.

"Sudah tepat karena harus ada sinkronisasi dan sinergi antara pemutusan rantai penyebaran COVID-19 dengan pemulihan ekonomi dan saya rasa Airlangga akan menjalankan tugasnya dimulai dari pemulihan ekonomi sesuai dengan kebijakan yang sudah dibuatnya selama pandemi," ujar Syafrizal

Menurutnya, Kemenko Perekonomian yang membawahi beberapa kementerian lebih responsif dalam menjawab tantangan dan tugas dalam komite tersebut.

Ditambah lagi, lanjutnya, bantuan atau stimulus ekonomi yang diberikan pemerintah sangat besar jadi sudah sepantasnya Airlangga Hartarto mengemban tugas tersebut.

"Saya melihat peran Airlangga saat pandemi sangat vital mulai dari memberikan stimulus ekonomi dan pemulihan ekonomi jadi tidak salah Pak Jokowi menunjuk Airlangga menjadi Ketua Komite karena akan ada harmonisasi dalam menjalankan tugasnya," ujarnya.

Syafrizal menambahkan, tugas komite yang harus diperhatikan adalah UMKM. Menurutnya, pemerintah dengan komite yang baru dibentuk harus kembali menghidupkan ekonomi rakyat seperti di pasar-pasar dan UMKM yang sudah masuk dalam kategori e-commerce.

"Penting bagi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk memastikan UMKM hidup kembali karena sektor ini lah yang harus pertama ditolong," pungkasnya. (flo/jpnn)

Penting bagi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk memastikan UMKM hidup kembali di tengah pandemi covid-19.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close