Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Basuki Minta China Cek Kualitas Bandungan Indonesia

Senin, 11 September 2023 – 23:06 WIB
Menteri Basuki Minta China Cek Kualitas Bandungan Indonesia - JPNN.COM
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sumber Daya Air China Li Guoying saat melakukan pertemuan bilateral di sela-sela pada sela-sela World Water Congress ke-18 di Beijing, China pada Senin (11/9/2023). Foto: ANTARA/HO-Kementerian PUPR

jpnn.com, BEIJING - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak pemerintah China bekerja sama membangun bendungan.

"Pemerintah China hingga akhir tahun 2022 tercatat telah memiliki sekurangnya 98.000 bendungan. Dan hal ini sebagai contoh baik bagi Indonesia sebagai salah satu upaya mencapai swasembada pangan," kata Basuki di Beijing, China pada Senin.

Basuki bertemu Menteri Sumber Daya Air China Li Guoying di sela-sela World Water Congress ke-18 di Beijing.

Basuki juga mengajak China mengunjungi tiga bendungan besar di Indonesia, yaitu Jenelata di Sulawesi Selatan, Riam Kiwa di Kalimantan Selatan dan Pelosika di Sulawesi Tenggara.

"Pemerintah Indonesia ingin pemerintah China memastikan kualitasnya dan juga mengeksplorasi teknologi dan inovasi yang dapat diterapkan dalam pengembangan bendungan di Indonesia," tambah Basuki.

Basuki berharap pemerintah China berpartisipasi dan mengirimkan delegasi pada forum terbesar dalam bidang Sumber Daya Air, World Water Forum ke-10 yang akan dilaksanakan di Bali tahun depan.

Menanggapi ajakan itu, Li Guoying mengatakan terbuka dengan rencana kerja sama manajemen air berkelanjutan karena dapat mempengaruhi kondisi ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Kami juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Indonesia untuk penyelenggaraan World Water Forum ke-10 tahun depan. Pemerintah China tentu akan berpartisipasi aktif dan mengirimkan delegasi dalam jumlah besar untuk mengikuti World Water Forum ke-10," ungkap Li Guoying.

Basuki mengajak China mengunjungi tiga bendungan besar di Indonesia, yaitu Jenelata, Riam Kiwa dan Pelosika

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close