Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Basuki Tol Solo-Yogyakarta Mulai Beroperasi Bulan Depan

Sabtu, 29 Juni 2024 – 00:12 WIB
Menteri Basuki Tol Solo-Yogyakarta Mulai Beroperasi Bulan Depan - JPNN.COM
Ruas tol Solo-Yogyakarta. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Tol Solo-Yogyakarta akan mulai beroperasi pada Juli 2024 mendatang.

Dia menyebut tol tersebut baru bisa dilalui sampai Klaten, Jawa Tengah.

"Solo-Yogyakarta nanti mudah-mudahan Juli ini sampai Klaten bisa kami operasikan, (sepanjang) 23 kilometer," kata Menteri Basuki di Balairung, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jumat.

Dia menuturkan peresmian Tol Solo-Yogyakarta bisa dilakukan secara bertahap dan tidak harus menunggu seluruh ruas jalan selesai dibangun.

"Ya, semua, kan, tol-tol semua kan enggak nunggu selesai, semua pasti bertahap. (Tol) Cibitung-Cilincing berapa, ya mana yang selesai dulu, itu yang diresmikan," kata dia.

Hal itu, menurut Basuki, agar infrastruktur tersebut bisa segera dioperasikan mengingat tol merupakan aset investasi bagi negara.

"Karena itu investasi, kalau tidak diresmikan, kan, enggak dioperasikan sehingga dia tidak punya revenue (pendapatan). Setiap gate to gate pintu ke pintu kita bisa operasikan, cukup panjang 23 kilometer," ujar dia.

Sebelumnya, PT Jasa Marga menargetkan pembangunan Tol Solo-Yogyakarta seksi 1 yang menghubungkan Solo-Klaten-Purwomartani sepanjang 42,3 km rampung pada akhir tahun 2024 ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Tol Solo-Yogyakarta akan mulai beroperasi pada bulan depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close