Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Erick dan Menteri Teten Luncurkan Program Solar untuk Koperasi Nelayan

Sabtu, 17 September 2022 – 19:29 WIB
Menteri Erick dan Menteri Teten Luncurkan Program Solar untuk Koperasi Nelayan - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meresmikan inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9). Foto: Dok. Kementerian BUMN

jpnn.com, CILACAP - Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki meresmikan inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9).

Tampak hadir dalam peresmian yang dipusatkan di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nelayan yang dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo, Cilacap adalah Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto, dan sejumlah pejabat lainnya.

Program Solusi Nelayan bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan sekaligus membenahi bisnis model perikanan di Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan dan kelautan yang luar biasa, sehingga Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi dan UKM mempercepat realisasi pilot project Program Solusi Nelayan agar nelayan mendapatkan kemudahan dalam mencari ikan.

"Namun, kalau kita lihat, kehidupan nelayan kan masih di situ-situ saja. Karena itu, kami dari pemerintah diperintahkan oleh Bapak Presiden, Pak Teten sebagai Menteri Koperasi, saya sebagai Menteri BUMN untuk coba berinisiasi mencarikan solusi untuk nelayan yang memang taraf hidupnya harus ditingkatkan,” kata Erick Thohiir.

Erick Thohir mengatakan kesejahteraan nelayan harus menjadi bagian penting dari program pemerintah, salah satunya Program Solusi Nelayan yang masih ditujukan untuk memberikan kemudahan akses BBM bagi nelayan.

Menurut dia, hal itu disebabkan nelayan selama ini mungkin masih mendapatkan BBM dengan harga Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per liter.

“Hari ini (Sabtu, 17/9/2022), kita pastikan harganya (Solar) Rp 6.800/liter. Memang Cilacap sebagai pilot project, nanti Insyaallah kita akan kembangkan di beberapa daerah lain," kata Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meresmikan inisiasi Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Kabupaten Cilacap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close