Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Hanif Gulirkan Liga Pekerja Zona Sulbar

Rabu, 14 Februari 2018 – 21:48 WIB
Menteri Hanif Gulirkan Liga Pekerja Zona Sulbar - JPNN.COM
Menaker Hanif Dhakiri saat menghadiri pembukaan Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) Zona Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di Polewali Mandar, Rabu (14/2). Foto: Kemnaker for JPNN

jpnn.com, POLEWALI MANDAR - Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) Zona Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) resmi bergulir. Lipesia Zona Sulbar melengkapi zona provinsi lain yang terlebih dahulu telah bergulir untuk turut memperebukan Piala Presiden Joko Widodo.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengatakan, Lipesia merupakan momen penting bagi bangkitnya kembali sepak bola pekerja/buruh yang telah lama vakum. “Momen ini tentu saja dapat memberikan harapan bagi atlit sepakbola untuk tetap berkarir dan berkarya dalam industri sepak bola,” kata Hanif saat membuka Lipesia Zona Provinsi Sulawesi Barat di Stadion Sport Center, Polewali Mandar (Polman), Rabu (14/2).

Hadir dalam acara itu mantan Menakertrans Muhamin Iskandar yang juga inisiator Lipeaia, Bupati Polman dan Kadisnaker Prov. Sulawesi Barat dan Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker Haiyani Rumondang.

Menurut Menteri Hanif, penyelenggaraan Lipesia terinspirasi dari Liga Sepakbola Karyawan (Galakarya) yang pernah populer pada era 1970-an dan 1980-an. Galakarya saat itu melahirkan banyak pemain sepak bola yang ikut memperkuat tim nasional seperti Ronny Pattinasarany, Rully Nere, Anjas Asmara dan Andi Lala.

Menteri Hanif pun berharap agar penyelenggaraan Lipesia tidak hanya menjadi wahana untuk membangkitkan semangat kebersamaan antar-pekerja dan meningkatkan kualitas hubungan industrial, tapi juga dapat melahirkan atlet sepak bola nasional seperti yang pernah terjadi pada Galakarya.

“Selain untuk memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan, saya berharap Lipesia dapat melahirkan atlet sepak bola potensial dari kalangan pekerja,” kata Menteri Hanif  melanjutkan.

Dia menambahkan, penyelenggaraan Lipesia merupakan sebuah kegiatan yang sengaja diadakan untuk menyambut Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2018. Harapannya, melalui berbagai kegiatan positif semacam Lipesia maka pekerja, pengusaha dan pemerintah dapat menikmati suasana May Day yang penuh kegembiraan, damai dan positif.

“Diharapkan melalui berbagai kegiatan positif seperti Lipesia, buruh tidak hanya berdemo saat memperingati Hari Buruh Internasional. Untuk itu, Kemnaker mendukung berbagai kegiatan positif yang dilakukan untuk merayakan May Day baik sebelum dan setelah May Day,” kata Menteri Hanif menambahkan.

Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) diharapkan bisa mengulang kesuksesan Galakarya di era 1970-1980 yang mampu menghasilkan pemain tim nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close