Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Imigrasi Australia Batal Diberi Kewenangan Mencopot Status Kewarganegaraan

Selasa, 23 Juni 2015 – 11:57 WIB
Menteri Imigrasi Australia Batal Diberi Kewenangan Mencopot Status Kewarganegaraan - JPNN.COM

Menteri Luar Negeri Julie Bishop mengungkapkan Pemerintah Australia membatalkan rencana memberi kewenangan kepada Menteri Imigrasi, untuk melucuti status kewarganegaraan simpatisan kelompok teroris yang memiliki dua kewarganegaraan.

Sebelumnya, rencana pemerintah menghapus pertimbangan pengadilan dalam proses pelucutan status kewarganegaraan seseorang, dinilai berbagai kalangan sebagai tindakan tidak konstitusional.

Menlu Julie Bishop mengatakan UU baru ini akan memperkuat UU Kewarganegaraaan yang ada saat ini.

UU Kewarganegaraan mengatur pencopotan otomatis status kewarganegaraan seseorang yang berpartisipasi dalam angkatan bersenjata negara yang terlibat perang dengan Australia.

"Kita ingin menyikapi adanya orang-orang yang turut ambil bagian dalam kegiatan organisasi teroris yang menyatakan perang terhadap Australia dan warga Australia," kata Bishop.

"Kami telah mempertimbangkan sejumlah pilihan dan berhasil menyusun sebuah RUU yang sesuai dengan konstitusi," jelasnya.

Menlu Bishop mengatakan pertimbangan pencabutan status kewarganegaraan ini nantinya akan didasarkan pada keputusan birokrasi dan bukan hanya keputusan Menteri Imigrasi. 

ABC berhasil mendapatkan dokumen RUU yang dibagikan di kalangan partai pemerintah dalam internal mereka hari Selasa (23/6/2015).

Menteri Luar Negeri Julie Bishop mengungkapkan Pemerintah Australia membatalkan rencana memberi kewenangan kepada Menteri Imigrasi, untuk melucuti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA