Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
HPSN 2018

Menteri LHK: Mari Menabung di Bank Sampah

Minggu, 18 Maret 2018 – 13:50 WIB
Menteri LHK: Mari Menabung di Bank Sampah - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya di acara HPSN 2018 di Kota Makassar. Foto: KHLK

jpnn.com, MAKASSAR - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya larut bersama masyarakat Makassar dan sekitarnya, dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 di kawasan Anjungan City of Makassar Pantai Losari, Kota Makassar, Minggu (18/3).

Menteri Siti, jajaran Eselon I dan II KLHK, jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar bersama masyarakat Makassar dan sekitarnya melakukan senam bersama yang secara rutin digelar di kawasan yang setiap hari Minggu dijadikan area Car Free Day tersebut.

Turut hadir memeriahkan rangkaian acara juga yaitu dari anggota pramuka, generasi muda, siswa sekolah, dan komunitas peduli sampah.

Menteri LHK: Mari Menabung di Bank Sampah

Dalam penanganan persoalan sampah, sejak 2015 hingga sekarang sudah terjadi perubahan banyak di Indonesia. Hal ini didorong dinamika masyarakatnya yang sangat tinggi, dan gerakan komunitasnya yang luar biasa, termasuk dari Makassar.

"Langkah-langkah melalui pendidikan di sekolah, pemilahan, gerakan Liat Sampah Ambil (LISA), kemudian bank sampah, komposter aerob, dan TPS sudah bagus. Saya berterima kasih hari ini di Makassar, sama juga dengan di Bandung, saat ini Surabaya terdepan tapi saya yakin Bandung dan Makassar menyusul," ujar Menteri Siti.

Saat ini Kota Makassar sudah memiliki program pengelolaan sampah yang baik melalui sejumlah agenda di antaranya bank sampah, pendidikan di sekolah, dan lorong garden. Melalui pendidikan dini pengelolaan sampah ini, jiwa kepeduliam anak-anaknya juga sudah terbentuk.

Pemerintah juga memberikan apresiasi keberadaan bank sampah yang mengalami perkembangan pesat. Menteri LHK Siti Nurbaya secara khusus melontarkan pujian kepada ibu-ibu di Kota Makassar yang mampu mengelola sampah di bank sampah menjadi hal produktif yang mampu menolong ekonomi keluarga.

Menteri Siti Nurbaya bersama masyarakat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Kota Makassar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close