Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri LHK: Pembangunan Persemaian Modern Dukung Wisata Labuan Bajo

Selasa, 21 Januari 2020 – 14:31 WIB
Menteri LHK: Pembangunan Persemaian Modern Dukung Wisata Labuan Bajo - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar meninjau Kebun Bibit Desa dan calon lokasi persemaian modern Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Senin (20/1). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, LABUAN BAJO - Pemerintah saat ini fokus mengembangkan destinasi wisata super prioritas yakni Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Likupang di Sulawesi Utara, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. 

Dalam rangka mendukung pembangunan destinasi wisata super prioritas itu, Menteri LHK Siti Nurbaya, meninjau Kebun Bibit Desa dan calon lokasi persemaian modern Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Senin (20/1). 

Menteri Siti menerangkan, Kebun Bibit Desa Labuan Bajo merupakan salah satu hasil dari program 1.000 kebun bibit desa yang tengah dijalankan oleh KLHK di seluruh Indonesia. 

"Program tersebut adalah instruksi Presiden Joko Widodo dalam upaya membudayakan kegiatan menanam di kalangan masyarakat untuk menghijaukan kembali daerah-daerah di Indonesia," terang Menteri Siti.

Bibit tanaman yang tersedia di Kebun Bibit Desa Labuan Bajo antara lain; kelengkeng sejumlah 15.000 batang, sirsak 20.000 batang dan mangga 5.000 batang.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Siti juga meninjau calon lokasi persemaian modern Labuan Bajo. Pembangunan persemaian juga dalam rangka mendukung destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo sebagai salah satu etalase Indonesia, terutama bagi wisatawan mancanegara.

Luas lahan persemaian modern tersebut sekitar 30 hektar, terletak di Satar Kodi, Kelurahan Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Sejumlah tanaman endemik akan disediakan di persemaian modern ini dan diperkirakan setiap tahunnya bisa memproduksi 1 juta bibit tanaman.

Pembangunan persemaian modern Labuan Bajo dalam upaya untuk mengatasi kondisi lahan kritis, berupa lahan terbuka dan semak belukar yang gersang dan tidak produktif yang masih banyak terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur, termasuk kawasan wisata Labuan Bajo.

Mendukung pembangunan destinasi wisata super prioritas, Menteri LHK Siti Nurbaya, meninjau Kebun Bibit Desa dan calon lokasi persemaian modern Labuan Bajo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close