Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Menteri Malaysia Puji Kebijakan Nadiem Makarim soal UN

Sabtu, 14 Desember 2019 – 06:30 WIB
Menteri Malaysia Puji Kebijakan Nadiem Makarim soal UN - JPNN.COM
Menteri Pendidikan Malaysia Dr Maszlee Bin Malik (Berdasi memuji Nadiem Makarim soal penghapusan UN. Foto: Antara /Agus Setiawan).

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Menteri Pendidikan Malaysia, Dr Mazlee Bin Malik memuji rencana Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim yang akan menghapus UN pada 2021.

Menurutnya, itu adalah tindakan wajar yang memang harus dilakukan Kemendikbud Indonesia.

"Saya kira itu tindakan wajar dan bijak dari Kemendikbud Indonesia dan ini bukan sesuatu yang baru karena di negara-negara maju sudah lama dilaksanakan demikian pula di Malaysia dan Singapura," ujar Mazlee ketika diwawancarai di Kementerian Pendidikan Malaysia, Putrajaya, Jumat.

Mazleen melihat pembinaan holistik para pelajar sebagai tolak ukur yang paling penting.

"Seorang pelajar itu harus menargetkan karirnya untuk lulus bukan hanya dilihat dari ujiannya semata-mata namun juga pencapaian kemahiran aktifitas dan juga ruang kreativitas serta inovasi," jelasnya.

Untuk mendatang, ujar dia, di Malaysia akan menggunakan big data dan kecerdasan buatan (artificial inteleligent) untuk memprofil setiap murid.

"Berdasarkan ini ketika mereka dihadapkan untuk mengambil jurusan ada informasi awal hingga penghujungnya yang bisa memberitahu bidang mana yang paling cocok. Ini akan diberlakukan satu tahun lagi," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut dia juga menceritakan kalau di Kelas 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar (Darjah) pihaknya tidak melakukan ujian wajib.

loading...