Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Nadiem Dinilai Tidak Memiliki Spirit Pedagogi

Sabtu, 04 Juli 2020 – 08:12 WIB
Menteri Nadiem Dinilai Tidak Memiliki Spirit Pedagogi - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mentri Nadiem Makarim dinilai bertanggung jawab atas terjadinya stagnasi dalam dunia pendidikan Indonesia. Banyak problem malah menjadi benang kusut.

Abi Rekso selaku Sekjen Pergerakan Indonesia, menyatakan bahwa Menteri Nadiem tidak punya spirit pedagogi.

"Pendidikan itu nafas bernegara. Jika seorang Menteri tidak punya spirit pedagogi, maka masa depan geneeasi penerus tergadaikan. Sudah semestinya Menteri Nadiem berpedoman pada prinsip Tut Wuri Handayani. Sebagaimana yang diajarkan Ki Hajar Dewantoro" jelas Abi Rekso.

Ketika wartawan mempertanyakan apakah semua kebijakan Kemendikbud lemah atau bermasalah? Abi Rekso menjelaskan, bahwa tidak semua kebijakan buruk. Misal kebijakan Permendikbud No. 44 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Jika kita baca niatnya baik, bertujuan untuk membangun iklim proses belajar mengajar dengan lingkungan tempat tinggal. Tetapi, karena menterinya tidak punya spirit pedagogi. Mas Nadiem menilai fasilitas sekolah dan kompetensi tenaga didik sudah setara semua," ujar dia.

"Sebagai seorang pendidik, harusnya Mas Nadiem lihat sekolah jangan dari Jakarta aja. Sesekali lihat ke Barus, Atambua atau Parepare. Bagaimana kondisi geografis masih sulit untuk menerapkan permen itu secara sempurna" tegas Abi Rekso.

Terakhir, Abi juga menyoroti lemahnya utilisasi birokrasi. Dirinya menilai, Menteri Nadiem belum nyambung dengan jajaran yang dipimpin. Kepemimpinan yang elitis. Biar bagaimana pun jajaran birokrasi adalah instrumen menuju perbaikan pendidikan kita. Mentri Nadiem tidak boleh jalan dengan ego sebagai pimpinan.

"Tugas Menteri Pendidikan itu berat. Selain mencerdaskan bangsa. Juga turut mendidik dan mengayomi birokrasi dibawahnya. Tolong jangan disamakan dengan mengelola ojek online" tutup Sekjen Pergerakan Indonesia. (ant/dil/jpnn)

Mentri Nadiem Makarim dinilai bertanggung jawab atas terjadinya stagnasi dalam dunia pendidikan Indonesia. Banyak problem malah menjadi benang kusut.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close