Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Teten Apresiasi Solusi GoFood Membantu UMKM di Tengah Pandemi

Selasa, 30 Juni 2020 – 12:54 WIB
Menteri Teten Apresiasi Solusi GoFood Membantu UMKM di Tengah Pandemi - JPNN.COM
Menkop UKM Teten Masduki. Foto: Humas Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi solusi GoFood dalam mempercepat UMKM go-online di tengah pandemi.

Ia memaparkan, lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan usahanya yang terdampak pandemi.

“Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk di dalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP (Standar Operasional Prosedur) Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali seperti sektor transportasi dan kuliner,” ungkapnya dalam dialog "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood”, Senin (29/6).

Digitalisasi, kata Teten, merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini.  Butuh kolaborasi kuat antara pemerintah dengan platform digital seperti GoFood dan Gojek untuk membangkitkan UMKM makanan dan minuman.

”Dari yang kami catat, ada sejumlah UMKM yang sudah terhubung ke market place online itu penjualannya meningkat 18 persen berdasarkan data yang kami terima. Tetapi kami yakin sebenarnya bisa lebih besar lagi, bisa dua kali lipat,” ucap Teten.

Menurut Teten, pandemi Covid-19 yang melahirkan kebijakan social distancing, physical distancing, Work From Home, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat orang lebih banyak berbelanja online.

Sayangnya, lanjut Menteri kelahiran Garut, 6 Mei 1963, itu baru sekitar 13 persen dari total sekitar 60 juta UMKM di Indonesia terhubung dengan ekosistem online.

”Sisanya yang 87 persen itu masih belum terhubung jadi harus kita percepat proses digitalisasi,” tegasnya.

Menkop UKM Teten Masduki mengapresiasi solusi GoFood dalam mempercepat UMKM go-online di tengah pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close