Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Teten Dorong Pengembangan Produk Kratom

Sabtu, 14 September 2024 – 14:10 WIB
Menteri Teten Dorong Pengembangan Produk Kratom - JPNN.COM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengunjungi sentra produksi tanaman kratom milik Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) Cabang Kalimantan Timur di Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, Jumat (13/9/2024). ANTARA/HO-Kemenkop UKM

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mendorong pengembangan produk kratom. Dia menekankan pentingnya hilirisasi dalam mengembangkan aneka produk dari tanaman kratom melalui koperasi di Kalimantan.

Menteri Teten menyampaikan itu saat mengunjungi sentra produksi kratom milik Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) Cabang Kalimantan Timur di Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, Jumat (13/9).

Kratom merupakan tanaman endemik Asia Tenggara yang sejak lama daunnya dimanfaatkan secara tradisional oleh masyarakat sebagai tumbuhan herbal dan memiliki nilai ekonomi yang cukup besar.

Teten, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, mengatakan langkah strategis pengembangan produk kratom sudah dibahas di rapat kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo. 

Sebab, dia menyebut tanaman tersebut layak dikembangkan sebagai salah satu sumber daya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kalimantan.

Menteri Teten optimistis hilirisasi produk kratom dapat dilakukan, terlebih Koperasi Koprabuh sudah melakukan riset yang cukup mendalam. Pengembangan produk kratom juga luas karena tanaman ini bisa menjadi bahan baku untuk industri farmasi, serta makanan dan minuman.

Lebih lanjut Teten menyebut bahwa permintaan pasar dunia terhadap kratom makin besar.

Berdasar data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor kratom selalu mengalami pertumbuhan dengan tren 15,92 persen per tahun sejak 2019.

Menteri Koperasi dan Usah Kecil Menengah Teten Masduki mendorong pengembangan produk kratom.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA