Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Trenggono Luncurkan Modelling Penangkapan Ikan Terukur Pertama di Indonesia

Selasa, 04 Juni 2024 – 10:48 WIB
Menteri Trenggono Luncurkan Modelling Penangkapan Ikan Terukur Pertama di Indonesia - JPNN.COM
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono didampingi Penjabat Gubernur Maluku Sadali Le dan Danrem 151/Binaiya Kodam Pattimura XV Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva memberikan keterangan pers seusai peluncurakan modelling Penangkapan Ikan Terukur (PIT) pertama di Indonesia bersama PT Samudera Indo Sejahtera (SIS) dan kelompok nelayan di Kota Tual pada Senin (3/6/2024). Foto: Penerangan Korem 151/Binaiya

jpnn.com, TUAL - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono resmi meluncurkan modelling Penangkapan Ikan Terukur (PIT) pertama di Indonesia.

Pengembangan modelling ini akan dilakukan di dua wilayah zona 3 perikanan. Salah satunya di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama bisnis hulu hilir perikanan tangkap dan penangkapan ikan terukur bersama PT Samudera Indo Sejahtera (SIS) dan kelompok nelayan di Kota Tual pada hari ini, Senin (3/6/2024).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur, Penangkapan Ikan Terukur adalah penangkapan ikan yang terkendali dan proporsional.

Penangkapan Ikan Terukur (PIT) dilakukan di zona penangkapan ikan terukur, berdasarkan kuota penangkapan ikan dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya ikan dan lingkungannya serta pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sampai hari ini kami belum mampu dan belum bisa berhasil ekspor produk perikanan ke Eropa. Salah satu yang saya dapatkan informasi kenapa itu terjadi, dia cuman jawab cara penangkapan kalian masih barbar," kata Menteri Trenggono di Tual, Maluku Tenggara.

Menurut Trenggono, penangkapan terukur itu adalah untuk memberikan keyakinan kepada pasar di dunia juga bahwa ikan ditangkap dengan cara yang lebih lebih manusiawi lebih baik.

Ikan yang lebih bisa dideteksi bawa ini dari mana, jenisnya seperti apa, peralatan tangkap seperti apa, dan lebih efisien," sambungnya

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono resmi meluncurkan modelling Penangkapan Ikan Terukur (PIT) pertama di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close