Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Yasonna Lega UU Baru Bakal Perkuat KPK, Begini Penjelasannya

Selasa, 17 September 2019 – 16:42 WIB
Menteri Yasonna Lega UU Baru Bakal Perkuat KPK, Begini Penjelasannya - JPNN.COM
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly. Foto: dokumen JPNN.Com/Natalia Fatimah

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly merasa lega setelah rapat paripurna DPR menyetujui pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perubahan Atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri asal PDI Perjuangan itu meyakini UU baru tentang KPK tak akan melemahkan lembaga antirasuah tersebut.

"Pencegahan dan penindakan bisa dilakukan dengan efektif tanpa mengabaikan hak asasi manusia," kata Yasonna saat menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU KPK dalam rapat paripurna DPR, Selasa (17/9).

Yasonna menyatakan, ada beberapa klausul dalam RUU yang akan memperkuat KPK. Pertama, KPK secara kelembagaan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun.

Selain itu, KPK juga diberi kewenangan menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) dan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKPP). “KPK berwenang menghentikan penyidikan dan penuntutan apabila tidak selesai dalam dua tahun. Dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum," lanjut dia.

Lebih lanjut Yasonna menyinggung soal izin bagi penyelidik ataupun penyidik KPK untuk melakukan penyadapan. Menurutnya, izin itu justru untuk memperkuat KPK dari sisi penegakan HAM.

"Penyadapan paling lama dilakukan enam bulan dan dapat diperpanjang. Dimaksudkan untuk lebih menjunjung hak asasi manusia," ungkap dia.

Klausul lainnya yang menurut Yasonna akan memperkuat KPK adalah status kepegawaian. Setelah RUU KPK disahkan, pegawai di komisi yang dibentuk dengan UU Nomor 30 Tahun 2002 itu akan menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Berdasarkan hal tersebut, izinkan kami mewakili presiden, dengan mengucap syukur, presiden menyatakan setuju rancangan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi untuk disahkan menjadi Undang-undang," ucap Yasonna.(mg10/jpnn)

Menkumham Yasonna H Laoly meyakini UU baru KPK hasil revisi akan membuat lembaga antirasuah itu lebih kuat dan tak mengabaikan hak asasi manusia.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close