Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Merah Putih Terpasang Terbalik, DPD Sambangi Kedubes Malaysia

Senin, 28 Agustus 2017 – 18:45 WIB
Merah Putih Terpasang Terbalik, DPD Sambangi Kedubes Malaysia - JPNN.COM
Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris dan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba bersalaman dengan Dubes Malaysia untuk Indonesia TYT Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim di Kantor Kedubes Malaysia. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite III Fahira Idris dan Ketua Komite II Parlindungan Purba mendatangi Kantor Kedutaan Besar Malaysia terkait insiden terbaliknya bendera Merah Putih di buku pandian SEA Games.

Fahira Idris dan Parlindungan Purba diterima oleh Duta Besar Malaysia untuk Indonesia TYT Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim. Fahira meminta agar Malaysia mengambil tindakan terhadap insiden yang memalukan tersebut.

“Kami ingin pihak Malaysia melakukan penyelidikan terhadap panitia apakah ada unsur kesengajaan atau bukan. Setelah diselidiki, terhadap orang yang melakukan kesalahan, diberikan sanksi. Ga harus berat. Adanya sanksi tersebut dapat menjadi obat bagi masyarakat Indonesia,” ucapnya saat bertemu dengan Dubes hari Senin (28/8) di Kedutaan Besar Malaysia.

Fahira Idris menjelaskan bahwa adanya insiden tersebut mampu membuat gejolak dalam masyarakat. Banyak masyarakat yang gusar dan emosional dengan insiden tersebut. Gejolak tersebut memunculkan demo dari masyakat, baik yang terjadi di Kedubes Malaysia ataupun didaerah.

“Meskipun kami meredam, terkadang di masyarakat itu emosional. Ini permasalahan kecil, jika tidak diredam akan menjadi panjang masalahnya. Kami bertanggungjawab untuk menurunkan eskalasi ini,” ujarnya.

Meskipun begitu, Fahira Idris mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Malaysia. Menurutnya respon yang dilakukan Pemerintah Malaysia cukup cepat atas insiden tersebut. Fahira mendorong Pemerintah Malaysia untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah tersebut, terutama untuk meredam masyarakat yang emosional atas insiden tersebut.

“Kami mengapresiasi, presiden, Menteri Olahraga Malaysia sudah minta maaf, termasuk panitia SEA Games telah mengeluarkan nota diplomatik. Kami mendorong pemerintah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang nota diplomatik agar (masyarakat) cool down,” imbuh Senator dari DKI Jakarta ini.

Ketua Komite II Parlindungan Purba turut menyatakan kekecewaannya atas insiden ini. Dirinya juga mendorong agar masalah ini dapat segera diselesaikan dengan baik. Agar hubungan baik antara Indonesia dengan Malaysia dapat semakin kuat. Senator dari Sumatera Utara ini menambahkan bahwa selama ini antara Indonesia dengan Malaysia telah terjalin kerja sama yang baik, salah satunya kerja sama antar parlemen Indonesia dengan Malaysia.

Ketua Komite III Fahira Idris dan Ketua Komite II Parlindungan Purba mendatangi Kantor Kedutaan Besar Malaysia terkait insiden terbaliknya bendera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   adv_dpd 
BERITA LAINNYA