Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Merasakan Krisis BBM di Negeri Kaya Energi

Senin, 12 November 2012 – 11:07 WIB
Merasakan Krisis BBM di Negeri Kaya Energi - JPNN.COM
TIDAK makan, tidak minum satu hari, siapa takut? Tidak merokok satu minggu, bahkan sebulan, apa repotnya? Tetapi, tanpa energi satu jam saja, orang modern zaman sekarang bisa apa?

Saya harus memuji kesabaran dan ketertiban warga New York City, ketika krisis energi berlangsung cukup lama, -sekitar 10 hari-, dan tanpa progres yang berarti. Sampai kemarin malam pun, di saat badai salju mengguyur, antrean panjang di Gas Station (SPBU - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) masih terjadi. Orang sampai 3-5 jam antre, berjajar panjang menunggu giliran untuk membeli bensin.

jpnn.com - Sejak pagi, ibu-ibu juga ikut antre dengan jerigen, dan itu diperbolehkan, bahkan didahulukan, dengan alasan untuk kepentingan rumah tangga. Di sepanjang Queens Boulevard, salah satu bagian kota NYC yang terdapat banyak komunitas orang Indonesia, saya temukan lebih dari lima Gas Station, hanya satu yang beroperasi. Panjang antreannya mengular lebih dari lima kilometer. 

Saya melintas di jalur protokol itu, sebenarnya hendak menuju ke Restoran Mie Jakarta yang paling banyak dibicarakan orang-orang Indonesia di sana. 


Gubernur New York Andrew Cuomo sejak Jumat kemarin mengatakan akan membawa truk bahan bakar militer ke ke masing-masing pom. Kalau sudah krisis, di AS pun fasilitas militer dikerahkan untuk percepatan restorasi. Satu pom dijatah satu tanki atau satu truk. 

Pemandangan di sepanjang jalan dari Colombus Circle, yang merupakan pertemuan jalan Central Park Barat dan Selatan, serta Broadway dan 8th Avenue itu, adalah antre bensin. Tahu sendiri, mobil-mobil Amerika itu ukurannya besar-besar, CC-nya otomatis besar-besar dan peminum bahan bakar yang boros. 

Dari Bandara John R. Kennedy menuju ke pusat kota Manhattan juga ditemukan pemandangan yang sama. Di satu sisi saya kagum dengan kesabaran warga NYC yang rela berjam-jam, bahkan sampai menginap di pompa bensin. Di sisi lain, saya juga bangga dengan Pertamina yang mengelola dan membina SPBU-SPBU berlogo "Pertamina" di seluruh Indonesia. 

Saat terjadi bencana, seperti gempa bumi Jogja dan Jawa Tengah, yang meluluh lantahkan semua fasilitas publik, tetapi SPBU tetap mensuplay energi. Termasuk saat tsunami Aceh dan banjir bandang di Padang, Pertamina cepat sekali merevitalisasi fasilitas pompa bensinnya. Saat mudik Lebaran, lebih rumit lagi.

Agenda tahunan itu ada jutaan mobil dan motor moving dari Jakarta ke Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Dampaknya,  distribusi BBM sebelum dan sesudah Lebaran sangat mobile. Dan peristiwa ini sudah bertahun-tahun tidak ada yang sampai tutup dan tidak beroperasi. Tidak sampai terjadi kelangkaan BBM.

:TERKAIT Sementara, New York City, adalah kota terbesar dan terpadat penduduknya di AS dan menjadi pusat metropolitan yang terpadat di dunia. Kota global yang memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. NYC juga dipilih sebagai markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, sehingga kota ini merpakan representatif pusat hubungan internasional yang strategis. Hanya saja, untuk urusan manajemen darurat dan krisis energi, baik listrik maupun minyak (BBM), ternyata Pertamina dan PLN jauh lebih yahud. 

TIDAK makan, tidak minum satu hari, siapa takut? Tidak merokok satu minggu, bahkan sebulan, apa repotnya? Tetapi, tanpa energi satu jam saja, orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close