Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Kudeta Zimbabwe

Merdekaaa! Mugabe Lengser, Rakyat Menari di Jalan

Rabu, 22 November 2017 – 08:44 WIB
Merdekaaa! Mugabe Lengser, Rakyat Menari di Jalan - JPNN.COM
Masyarakat di depan Hotel Rainbow Tower, Harare, merayakan lengsernya Mugabe. Foto: Al Jazeera

jpnn.com, HARARE - Berakhirnya 37 tahun kekuasaan Robert Mugabe dirayakan rakyat Zimbabwe dengan penuh suka cita. Mereka memenuhi jalanan ibu kota, Harare, dan menari selama berjam-jam setelah kabar pengunduran diri sang diktator dibacakan pimpinan parlemen, Selasa (21/11).

"Orang-orang turun ke jalan, mereka menyebut ini Hari Kemerdekaan," ujar reporter Al Jazeera Haru Mutasa yang melaporkan dari Harare.

Massa pun menurunkan foto Mugabe yang tersebar di seluruh penjuru Harare. Mereka pun bersorak setiap ada foto yang diturunkan.

"Beberapa orang mengaku masih tidak percaya ini terjadi. Mereka sangat gembira dan berharap masa yang akan datang lebih baik," lanjut Haru.

"Sejak lahir, saya tidak pernah menyangka akan melihat hari ini. Saya sangat senang, kami sudah menderita selama 37 tahun," ujar Anthony Mutambirwa, salah satu warga Harare yang ikut turun ke jalan.

Keceriaan pun terlihat di negara tetangga, Afrika Selatan. Warga Zimbabwe yang t‌inggal di Johannesburg, 1.120 kilometer dari Harare, juga turun ke jalan merayakan.

Mugabe mengundurkan diri setelah dihantam dari segala penjuru. Mulai dari kudeta militer, demonstrasi besar-besaran, sampai sidang pemakzulan di parlemen terjadi dalam sepekan terakhir. Semua demi mendesak pria 92 tahun itu lengser. (dil/jpnn)

Berakhirnya 37 tahun kekuasaan Robert Mugabe dirayakan rakyat Zimbabwe dengan penuh suka cita

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Al Jazeera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close