Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mesin Sensor Dinilai Tidak Efektif Atasi Konten Negatif

Senin, 16 Oktober 2017 – 07:42 WIB
Mesin Sensor Dinilai Tidak Efektif Atasi Konten Negatif - JPNN.COM
Ilustrasi Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggunakan mesin sensor internet untuk menangani konten negatif yang beredar di dunia maya, mendapat tanggapan Praktisi IT dan ahli keamanan informasi ITB Budi Rahardjo.

Budi menilai, mesin sensor internet tidak akan berpengaruh banyak kepada pengurangan jumlah konten negatif yang beredar di internet. Menurutnya, setiap situs berkonten negatif yang diblokir akan memicu munculnya situs serupa baru.

”Diblokir, mereka akan pindah domain dan IP address. Susah,” kata lulusan Manitoba University, Winnipeg, Kanada, tersebut kepada Jawa Pos kemarin (15/10).

Dia mengatakan, ketimbang melakukan penyisiran dengan mesin sensor internet yang efektifitasnya masih diragukan, Kementerian Kominfo sebaiknya terus melakukan edukasi.

Menurut Budi, permasalahan itu tidak hanya diselesaikan di hilir. Hulu pun memerlukan perhatian khusus. ”Edukasi kepada masyarakat ini penting,” ucapnya.

Kementerian Kominfo juga harus membanjiri internet dengan konten-konten positif sehingga lama kelamaan, konten negatif tidak lagi mendapat tempat.

”Ya 80 persen lah isinya konten positif. Nanti juga sudah tidak ada lagi yang peduli dengan konten negatif,” kata IT-Preneur di balik domain .id itu.

Di sisi lain, ada juga cara yang jauh lebih efektif untuk menekan jumlah konten negatif yang beredar di internet. Yakni dengan follow the money. Mencari siapa dalang di balik konten-konten negatif itu.

Setiap situs berkonten negatif yang diblokir mesin sensor akan memicu munculnya situs serupa baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close