Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mewakili Jokowi, Prabowo Tetapkan 2.497 Anggota Komcad TNI 2023

Jumat, 11 Agustus 2023 – 13:48 WIB
Mewakili Jokowi, Prabowo Tetapkan 2.497 Anggota Komcad TNI 2023 - JPNN.COM
Pasukan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun Anggaran 2023 yang ditetapkan oleh Menhan Prabowo Subianto di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). (ANTARA/Ricky Prayoga)

jpnn.com - BANDUNG - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan  anggota Komponen Cadangan (Komcad) TNI Tahun Anggaran 2023. Adapun jumlah anggota Komcad 2023 yang ditetapkan sebanyak 2.497.

"Mewakili Presiden (Jokowi), dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Jumat, tanggal 11 Agustus 2023, pukul 09.01 WIB, Komponen Cadangan yang dibentuk pada tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditetapkan," kata Prabowo.

Penetapan tersebut dilakukan di Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat, setelah Prabowo memeriksa kelengkapan pasukan Komcad di lokasi.

Prabowo menjelaskan pembentukan Komcad TNI Tahun Anggaran 2023 ini untuk memenuhi amanat undang-undang bahwa seluruh warga berhak dan wajib dalam mempertahankan negara.

"Perlu diketahui, seluruh warga negara berhak dan memiliki kewajiban untuk membela negara, sesuai dengan amanat presiden bahwa pertahanan negara bukan hanya tanggung jawab militer, tetapi juga tugas dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia," ungkapnya.

Mantan Danjen Kopassus TNI AD itu mengatakan bahwa Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih dan selamat kepada seluruh anggota Komcad yang telah ditetapkan, serta kerelaan mereka menjadi Komponen Cadangan.

"Hal ini menjadi inspirasi bagi rakyat Indonesia untuk membuktikan kecintaan kepada bangsa dan negara," tambah Prabowo.

Setelah menetapkan dan membacakan amanat presiden, Prabowo juga menyaksikan kebolehan pasukan Komcad mulai dari demonstrasi bongkar pasang senjata, bela diri tangan kosong, kekebalan, unjuk tenaga, olah senjata, kolose senapan, pertunjukan budaya. Diakhiri defile pasukan Komcad yang melintasi mimbar upacara.

Menhan Prabowo mewakili Presiden Jokowi menetapakn 2.497 anggota Komcad TNI Tahun Anggaran 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close