Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Militer Korut Makin Garang, Kenapa Kim Jong Un Pecat Orang Nomor 2 Angkatan Bersenjata?

Senin, 02 Januari 2023 – 21:37 WIB
Militer Korut Makin Garang, Kenapa Kim Jong Un Pecat Orang Nomor 2 Angkatan Bersenjata? - JPNN.COM
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un tertawa bersama pasukannya. Foto: AFP

jpnn.com - Media Korea Utara (Korut) melaporkan bahwa Kim Jong Un telah memecat pejabat militer tertinggi kedua negara tersebut, Jenderal Pak Jong Chan.

Keputusan tersebut dibuat saat militer Korut tengah gencar-gencarnya unjuk kekuatan lewat serangkaian peluncuran rudal dan drone, aksi yang telah meningkatkan keresahan Korea Selan, Jepang, hingga Amerika Serikat.

Pak, wakil ketua Komisi Militer Pusat Partai Buruh yang berkuasa dan sekretaris Komite Sentral partai, digantikan oleh Ri Yong Gil pada pertemuan tahunan komite pekan lalu, kata kantor berita resmi KCNA pada Minggu.

Tidak ada alasan untuk perubahan itu diberikan. Pyongyang secara teratur mengubah kepemimpinannya dan pertemuan pesta akhir tahun sering digunakan untuk mengumumkan perombakan personel dan keputusan kebijakan utama.

Televisi negara menunjukkan Pak duduk di barisan depan podium dengan kepala tertunduk selama pertemuan sementara anggota lain mengangkat tangan untuk memberikan suara pada masalah kepegawaian. Kursinya kemudian terlihat kosong.

Dia juga absen dalam foto yang dirilis pada hari Senin oleh kantor berita resmi KCNA tentang kunjungan Hari Tahun Baru Kim ke Istana Matahari Kumsusan yang menampung jenazah kakek dan ayahnya, tidak seperti pada bulan Oktober ketika Pak menemani Kim dalam perjalanan ke istana untuk menandai hari jadi pesta.

Komisi Militer Pusat partai, yang dipimpin oleh Kim, dianggap sebagai badan pembuat keputusan militer paling kuat di negara itu, di atas kementerian pertahanan.

Pengganti Pak datang saat Kim menyerukan pengembangan rudal balistik antarbenua baru dan persenjataan nuklir yang lebih besar untuk melawan Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai kunci strategi pertahanan 2023 negara yang terisolasi itu.

Kim Jong Un tiba-tiba memecat pejabat militer tertinggi kedua Korea Utara (Korut), Jenderal Pak Jong Chan

Sumber reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close