Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Millvina Dean, Kisah Haru Survivor Terakhir Tragedi Titanic

Jual Memorabilia Titanic demi Biaya Panti Jompo

Jumat, 17 Oktober 2008 – 06:53 WIB
Millvina Dean, Kisah Haru Survivor Terakhir Tragedi Titanic - JPNN.COM
Foto : Skynews
LONDON - Luput dari tragedi Titanic, sempat membuat Millvina Dean dan keluarganya bak selebritis. Media dalam dan luar negeri berebut mencuplik kisah tragis keluarganya yang berhasil selamat dalam musibah yang menewaskan ribuan orang tersebut. Tapi, semua itu tidak lantas membuat perempuan 96 tahun tersebut hidup nyaman dan berkecukupan. Bahkan, untuk membayar biaya panti jompo, Millvina harus melelang memorabilia Titanic miliknya.

Millvina berharap, lelang memorabilianya bisa menghasilkan uang sebesar GBP 3.000 (sekitar Rp 50,6 juta). Barang-barang kenangan yang bakal dia lelang Sabtu (19/10) itu termasuk sebuah koper tua berisi pakaian. Konon, koper pakaian itu dikembalikan kepada keluarga Dean oleh warga New York setelah Millvina, ibu dan adiknya selamat. ”Koper tersebut memiliki ikatan emosi yang sangat kuat dengannya,” ujar Andrew Aldridge, putra pemilik rumah lelang tempat Millvina berniat menggelar dagangannya.

Aldridge menyebut ”koper Titanic” itu sebagai barang istimewa. Selain menjadi saksi nyata tragedi maut di Laut Atlantik Utara tersebut, koper milik keluarga Dean itu juga menyiratkan kebaikan hati warga New York. Selain menolong korban karamnya Titanic, warga New York juga membantu para korban selamat menemukan kembali barang-barang milik mereka. ”Sebab, saat tiba di New York pasca tenggelamnya Titanic, para korban selamat hanya memiliki pakaian yang melekat di badan mereka,” terang Aldridge.

Selain koper, Millvina juga akan memamerkan surat kompensasi yang dikirimkan Titanic Relief Fund kepada ibunya. Dalam surat tersebut, yayasan yang khusus melayani korban Titanic itu menyatakan bahwa keluarga Dean berhak atas tunjangan sebesar satu poundsterling, tujuh shilling dan enam penny tiap pekan. Beberapa foto langka Titanic, termasuk momen ketika kapal mewah itu bertolak dari dek White Star di Southampton.

LONDON - Luput dari tragedi Titanic, sempat membuat Millvina Dean dan keluarganya bak selebritis. Media dalam dan luar negeri berebut mencuplik kisah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close