Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Minta Pengusaha Dilibatkan

Rabu, 04 Agustus 2010 – 12:02 WIB
Minta Pengusaha Dilibatkan - JPNN.COM
JAKARTA - Para pelaku usaha berharap ikut dilibatkan dalam proses pembahasan redenominasi sebelum diberlakukan. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Djimanto mengatakan, positif atau negatif, pelaku usaha pada akhirnya akan merasakan dampak dari redenominasi.

    

"Jadi bukan otoritas moneter semata karena dunia usaha dan pelaku bisnis akan merasakan dampaknya," ujarnya, Pengusaha, kata Djimanto, sampai saat ini belum mengetahui secara pasti tentang apa sebenarnya tujuan dari diadakannya redenominasi. "Kami dunia usaha tanda tanya. Ada apa ini" terangnya.

    

Seandainya memang ada tujuan untuk membuat rupiah semakin kuat, maka akan mengancam aktivitas ekspor. "Ekspor akan kurang bergairah. Sebaliknya, orang akan lebih senang impor karena lebih menguntungkan," imbuhnya. Namun, jika ternyata tidak ada dampak signifikan, kata Djimanto, sebaiknya rupiah tetap apa adanya seperti sekarang. "Biarkan begini saja kan sudah baik," ucapnya.

    

Hal yang sama diungkapkan kalangan analis pasar uang. Mereka  mengkhawatirkan rencana penyederhanaan nilai mata uang (redenominasi) rupiah bisa bedampak negatif. Kepala Ekonom Grup Bank Mandiri Mirza Adityaswara mengatakan hal tersebut masih belum perlu dilakukan.

    

JAKARTA - Para pelaku usaha berharap ikut dilibatkan dalam proses pembahasan redenominasi sebelum diberlakukan. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA