Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Minuman dari Sorgum Penuhi Kebutuhan Serat Harian

Jumat, 14 Juni 2024 – 07:35 WIB
Minuman dari Sorgum Penuhi Kebutuhan Serat Harian - JPNN.COM
Founder Mealk Andika Tambunan memperkenalkan minuman kaya serat dari sorgum. Foto: Mealk

jpnn.com, JAKARTA - Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018, sebanyak 95.5% orang Indonesia kekurangan serat. Ini menjadi anomali, karena Indonesia adalah negara agraris.

Masalah utamanya bukanlah soal ketersediaan, tetapi persoalan waktu. Masyarakat sering lupa atau tidak sempat mengonsumsi buah dan saturan.

Hal inilah yang mendorong pengusaha muda Andhika Tambunan berinovasi dengan sorgum, tanaman serelim dari Afrika Timur, berupa minuman Mealk.

"Kami mencoba membuat kategori baru sekaligus menciptakan pasar baru untuk petani sorgum, dengan cara membantu orang yang sibuk di kota besar," kata Andhika Tambunan, di Jakarta, Kamis (13/6).

Sorgum tidak hanya mengenyangkan, tetapi memberikan banyak manfaat kesehatan, sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam diversifikasi pangan.

Menurut founder Mealk ini, sorgum dapat dimanfaatkan sebagai pengganti beras karena memiliki kandungan gizi yang tinggi, terutama karbohidrat.

“Kamii termotivasi untuk menciptakan sesuatu yang praktis, mengenyangkan dan juga yang bisa memenuhi kebutuhan serat harian kita,” tuturnya.

Andhika berharap Mealk bisa menjadi meal hack bagi mereka yang sibuk di kota besar dan bisa menekan angka kekurangan nutrisi, terutama serat, serta mempopulerkan sorgum di tengah masyarakat.

Kehadiran Mealk tidak hanya membantu petani sorgum, tetapi memenuhi kebutuhan serat orang-orang sibuk di kota besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close