Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kuliner Berbahan Sorgum Kreasi SMK PGRI 2 Kudus Dipuji Moeldoko

Sabtu, 13 Agustus 2022 – 04:48 WIB
Kuliner Berbahan Sorgum Kreasi SMK PGRI 2 Kudus Dipuji Moeldoko - JPNN.COM
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mencicipi aneka sajian berbahan sorgum kreasi SMK PGRI 2 Kudus, Jawa Tengah, Jumat (12/8). Foto: Djarum Foundation

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko mencicipi berbagai varian kuliner berbahan dasar sorgum hasil praktik para siswa SMK PGRI 2 Kudus, Jumat (12/8).

Dia pun memuji kompetensi para siswa dan guru  di SMK PGRI 2 Kudus yang dinilainya mampu mengolah sorgum menjadi sajian kuliner bernilai tinggi.

"Mereka sudah lebih dulu melihat potensi dan mau mengeksplorasi sorgum untuk diolah menjadi berbagai macam sajian yang menurut saya rasanya enak dan punya nilai jual," kata Moeldoko.

Dia menilai apa yang dilakukan para siswa itu patut menjadi contoh untuk sekolah-sekolah yang memiliki jurusan tata boga ataupun pelaku usaha kuliner.

Moeldoko mengungkapkan bahwa sorgum sudah dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai bahan pangan utama.

“Kalau orang Jawa kan menyebutnya cantel. Cantel ini ada terukir di relief Candi Borobudur, jadi, memang sudah lama orang Jawa mengenal cantel atau sorgum ini,” ujar Moeldoko.

Kehadiran Moeldoko tersebut bertepatan dengan kegiatan Festival Sorgum yang digelar di SMK PGRI 2 Kudus. Kegiatan ini antara lain diisi dengan kegiatan memasak yang diikuti oleh siswa kelas X hingga XII.

Adapun olahan dari sorgum ini, seperti bakwan jagung, nasi goreng, pisang goreng, bubur sumsum, cocogum (kukis), brownies tipis, lemon cupcake, dan muffin pisang.

KSP Moeldoko mencicipi beragam kuliner berbahan sorgum kreasi siswa SMK PGRI 2 Kudus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close